Sukses


UNI Papua Kirim Duta Persahabatan dan Perdamaian ke Finlandia

Bola.com, Jakarta - UNI Papua melebarkan sayap hingga ke mancanegara. Perkumpulan yang menggunakan sepak bola sebagai media untuk menyentuh kalangan yang kerap terpinggirkan di Tanah Air dengan melakukan aksi sosial ini direncanakan akan memberangkatkan anggotanya ke Finlandia. 

Sebanyak 20 orang, yang mewakili keberagaman warga di Indonesia karena berasal dari Sabang hingga Merauke, akan bertolak menuju Finlandia pada Minggu (14/8/2016). Di sana, rombongan tidak hanya akan bermain bola melainkan juga menjalani serangkaian kegiatan sosial.

Rencananya, para duta UNI Papua akan menjalani dua laga ekshibisi serta melakukan kegiatan kemanusiaan, budaya dan sosial, bersama dengan lembaga setempat yaitu Liikukaa Ry Sport For All Finland. UNI Papua akan berada di Finlandia selama 10 hari, hingga 25 Agustus 2016.

"Kami datang dalam koridor mengampanyekan misi perdamaian dan persahabatan dalam tajuk Football For Friendship and Peace Indonesia. Selain itu, kami juga hendak menyemarakkan pembukaan UNI Papua cabang Finlandia," kata Harry Widjaja, pendiri sekaligus pimpinan UNI Papua kepada Bola.com

Pada Agustus ini, UNI Papua cabang Finlandia resmi berbadan hukum. UNI Papua cabang Finlandia merupakan cabang kedua UNI Papua di luar negeri. Sebelumnya sudah ada UNI Papua cabang Philadelphia di Amerika Serikat. 

Sebagai komunitas yang terafiliasi dalam FIFA for Hope yang merupakan program CSR dari FIFA serta Streetfootbal World, UNI Papua ingin memberikan kesempatan pada mereka yang selama ini terpinggirkan.

Sebanyak 20 orang yang terpilih jadi duta persabahatan dan perdamaian ini merupakan binaan UNI Papua selama ini yang berada di 34 cabang yang ada di Indonesia. Mereka diseleksi sejak Januari 2016 oleh para koordinator cabang dan yang terpilih ini mendapatkan pembekalan selama sebulan penuh pada Juli lalu. 

Kegiatan dengan misi perdamaian dan persabahatan ini mendapat dukungan penuh dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam), Wiranto. Dalam pesan yang disampaikannya di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat (12/8/2016), Wiranto berharap para duta UNI Papua ini bisa membawa nama baik Indonesia.

"Mereka harus bersyukur bisa jadi duta Indonesia di luar negeri. Selanjutnya, para duta ini harus menunjukkan kepribadian masyarakat Indonesia yang senang bersahabat dan cinta perdamaian," kata sang menteri.

 

 

 

 

Video Populer

Foto Populer