Sukses


Muhammad Zein Alhadad, Tugas Maha Berat di Persija

Bola.com, Jakarta - Klub Persija Jakarta kini memiliki pelatih baru, Muhammad Zein Alhadad. Mantan pelatih Persida Sidoarjo itu baru bergabung dengan Persija, Rabu (31/8/2016), dan langsung terbang ke Padang untuk memimpin skuat Macan Kemayoran menghadapi Semen Padang di pekan ke-18 Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.

Alhadad menekankan kerja keras perlu dilakukan skuad asuhannya. Pelatih dengan sapaan  akrab Mamak itu direkrut Persija demi memenuhi standar regulasi yang ditetapkan oleh operator TSC 2016, PT. Gelora Trisula Semesta.

Regulasi yang dimaksud mengatur setiap pelatih kepala klub peserta TSC 2016 harus memiliki lisensi A AFC. Direktur Utama PT GTS, Joko Driyono, sebelumnya memberikan peringatan agar Persija mencari pelatih baru yang sesuai dengan regulasi yang sudah ditentukan.

Akhirnya, Zein Alhadad menjadi pilihan manajemen tim berjulukan Macan Kemayoran. Baru bergabung dengan skuad Persija, Mamak tak ingin terlalu banyak berkomentar soal kondisi tim yang akan ditanganinya itu.

Namun, mantan asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2014 dan SEA Games 2015 itu sudah punya prinsip kunci yang akan diterapkannya di Macan Kemayoran. Berikut petikan wawancara Bola.com dengan Zein Alhadad pada Kamis (1/8/2016).

Sudah lama tidak menangani tim besar, kini Anda menangani tim sekelas Persija dengan kondisi yang terbilang sulit. Apakah Anda sudah menyiapkan rencana dan target jangka pendek bersama Persija?

Jadi ceritanya semua serba mendadak. Singkat cerita, saya dihubungi oleh Ketua Umum Persija, Ferry Paulus. Saya dimintai tolong. Sebagai insan sepak bola, saya siap untuk membantu. Namun, saya datang sudah di putaran kedua.

Bagi saya ini sebuah takdir karena saya harus menangani tim yang sudah ada. Tentu aja tantangannya sangat besar, tapi saya sangat optimis menjalaninya.

Bagaimana Persija di mata Anda saat ini?

Saya belum bisa berkomentar banyak. Saya baru saja datang dan belum banyak terlibat dengan tim ini. Saya ingin banyak bertukar pikiran dengan tim pelatih dan juga pemain terlebih dahulu.

2 dari 2 halaman

Tentang Jan Saragih

Apakah ada rencana memboyong pemain baru untuk Persija?

Seperti saya katakan, saya baru datang dan di putaran kedua ini tim sudah ada. Saya datang bukan sebagai pelatih yang bisa langsung menentukan perubahan anggota tim. Saya memilih untuk beradaptasi dengan tim yang ada saat ini.

Anda sempat mengatakan akan saling membantu dengan Jan Saragih. Dari komunikasi dengan Jan, apakah Anda berdua sudah mempersiapkan perubahan?

Kami sudah bertemu. Kami sudah ngobrol dan saya rasa tidak ada masalah sama sekali. Saya tekankan bahwa sebagai tim pelatih, kami akan bekerja sama semaksimal mungkin untuk bisa mendapatkan hasil yang juga maksimal.

Sejauh mana keyakinan Anda saat Persija menjalani laga perdana bersama Anda?

Kami harus yakin dan optimis. Bagaimana pun, meski tim yang harus dihadapi kuat Semen Padang, yang terpenting adalah kerja keras semua tim, pemain dan pelatih. Bagi saya hasil pertandingan itu urusan nanti, kami  harus terus mencoba memberikan perlawanan.

(Benediktus Gerendo)

Video Populer

Foto Populer