Sukses


Menpora Yakin Timnas Indonesia Bisa Jadi Macan Asia Lagi

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan olahraga RI, Imam Nahrawi, yakin Indonesia kembali jadi raja sepak bola di kawasan Asia. Hal itu ia sampaikan saat membuka Liga Sepak Bola Pelajar (LSP) U-16 yang berlangsung di Stadion Soemantri Brojonegoro, Jakarta, Minggu (4/9/2016) malam.

Di hadapan 29 kontestan LSP yang berasal dari 29 provinsi, Menpora optimistis dengan pembinaan pemain muda yang serius serta jenjang kompetisi yang jelas bisa memberikan kesempatan unjuk gigi bagi pemain potensial di seluruh Indonesia.

"Saya yakin jika sepak bola serius dibenahi, Indonesia bisa kembali menjadi Macan Asia. Untuk itu, kompetisi berjenjang mulai kelompok usia 12, 14, 16 hingga 18 tahun akan terus digelar," ujar Imam Nahrawi.

Menpora menambahkan dengan ribuan bahkan ratusan ribu pemain muda yang terkonsentrasi di daerah, jika dibina dengan baik, untuk menjaring 24 pemain berbakat tidaklah sulit.

"Yang harus dilakukan adalah konsisten menggelar kompetisi dari bawah. Seperti Liga Pelajar U-16, mereka yang lolos ke tingkat nasional merupakan tim yang juara di tingkat kabupaten dan kota," imbuhnya.

Direktur Akademi PSP Padang, Agus Suardi, menyambut baik dukungan Menpora terhadap pembinaan pemain mulai level usia dini hingga usia muda. Menurutnya dalam menciptakan timnas yang baik, PSSI harus melakukan pencarian pemain hingga ke pelosok daerah lewat kompetisi berjenjang mulai daerah hingga tingkat nasional.

Selain itu, PSSI juga bisa menjemput bola ke daerah dalam mencari pemain yang selama ini hanya berkutat di daerah, padahal memiliki potensi yang besat untuk memperkuat timnas.

"Kami menyambut baik komitmen Menpora dalam pembinaan pemain muda. Ini merupakan angin segar bagi pemain di daerah karena memiliki kesempatan untuk memperkuat timnas junior. Kami mendukung jika turnamen level umur menjadi agenda tetap Kemenpora RI," tutur pria yang juga menjabat ketua umum KONI Kota Padang itu.

 

Video Populer

Foto Populer