Sukses


Malaysia Pusing Tentukan Kiper untuk Hadapi Indonesia

Bola.com, Kuala Lumpur - Pelatih kiper timnas Malaysia, Yong Wai Hwang, sedang pening. Bukan karena anak didiknya banyak cedera jelang uji coba kontra Timnas Indonesia, melainkan sebaliknya. Performa apik yang ditunjukkan tiga kiper yang berada di timnas saat ini yang membuatnya bingung.

Yong Wai Hwang sedang menimbang-nimbang, siapa dari Khairul Fahmi Che Mat (Kelantan), Khairul Azhan Khalid (Selangor) dan Hafizul Hakim (Perak), yang akan diturunkan sebagai kiper utama kala dijamu Indonesia di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016).

Selain memperlihatkan konsistensi penampilan apik di kompetisi domestik, tiga kiper itu dianggap sama baiknya selama menjalani pemusatan latihan jelang laga persahabatan jelang Piala AFF 2016 ini, sejak Senin (29/8/2016).

Dari sisi pengalaman, Khairul Fahmi dianggap yang terdepan. Ia tercatat jadi kiper utama saat Timnas Malaysia mengalahkan Indonesia di final dan memenangi gelar juara Piala AFF 2010. Sejak itu namanya hampir tak pernah bergeser dalam menjaga gawang Harimau Malaysia.

Namun, Yong Wai Hwang menegaskan bila Khairul Azhan Khalid dan Hafizul Hakim tidak bisa ditepikan begitu saja.

"Seperti biasa, Khairul Fahmi menunjukkan kematangan sebagai pemain senior di timnas. Dia sudah memahami metode latihan saya selama ini," kata Yong Wai Hwang seperti dikutip di Harian Metro, Senin (5/9/2016).

"Namun, Khairul Azhan dan Hafizul juga memberi persaingan sehat pada Khairul Fahmi. Meski pengalaman keduanya belum banyak, saya terpikat dengan komitmen dan disiplin tinggi keduanya," lanjut sang pelatih kiper.

Lantaran susah menentukan satu di antara kiper terbaiknya itu, Yong Wai Hwang berujar kemungkinan akan memberi peluang pada ketiganya untuk tampil di Solo.

Yong Wai Hwang menegaskan bila ada dua kriteria utama yang jadi penilaiannya untuk memilih kiper yang akan diturunkannya dalam pertandingan.

"Saya cenderung melihat dari aspek ketenangan yang dimiliki penjaga gawang. Selain itu, karakter juga penting. Saya akui ketiganya memiliki karakter positif," tuturnya.

Tiga kiper itu jadi bagian dari total 24 pemain yang disiapkan pelatih kepala timnas Malaysia, Ong Kim Swee, untuk menjawab tantangan Indonesia pada laga persahabatan internasional level A yang digelar dalam durasi kalender match day FIFA.

Kemenangan dari laga ini bakal memengaruhi ranking kedua tim di FIFA serta tentunya jadi modal apik untuk berlaga di Piala AFF 2016 mulai 19 November.

 

 

Video Populer

Foto Populer