Sukses


Tampil Apik di Timnas, Jafri Sastra Tetap Nasihati Bayu Pradana

Bola.com, Tenggarong - Pujian diberikan pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra, kepada pemainnya, Bayu Pradana, perihal debutnya di Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF asuhan Alfred Riedl ketika membekuk Malaysia 3-0 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016) malam.

Menurut pengamatan Jafri, penampilan kapten tim Mitra Kukar itu cukup impresif. "Bayu Pradana bisa menjalankan peran yang diberikan pelatih dengan baik. Meski dia masih melakukan kesalahan, tidak terlalu fatal. Namun, poinnya pada mentalitas dia sebagai debutan di timnas yang cukup menjanjikan," kata Jafri.

Pelatih asal Payakumbuh, Sumbar, itu akan terus mengingatkan Bayu, juga pemain Mitra Kukar lainnya yang dipanggil ke timnas, untuk terus meningkatkan kualitas individunya.

"Karena timnas itu kumpulan pemain-pemain terbaik Indonesia. Artinya, bisa saja Bayu Pradana atau pemain lainnya tersisih atau tak dipakai di uji coba berikutnya karena tim pelatih timnas masih mencari formasi terbaik untuk putaran final Piala AFF. Maka dibutuhkan mental tangguh untuk selalu siap menerima apapun keputusan pelatih timnas," tutur Jafri.

Kendati begitu, Bayu Pradana dinilai tak terlihat canggung ketika bermain bersama pemain senior maupun junior di laga itu.

"Penampilannya konsisten, seperti saat dia bersama kami di Mitra Kukar. Saya akui sejak Piala Jenderal Sudirman lalu, kemajuan Bayu Pradana sangat pesat. Apalagi dia sekarang jadi kapten tim di Mitra Kukar yang dituntut sebagai pimpinan di lapangan," ujar mantan pelatih Semen Padang dan Persipura itu.

Jafri juga mengamati kemampuan pemain jebolan Diklat Salatiga itu masih bisa ditingkatkan lagi.

"Sebagai pemain profesional, tiap pemain dituntut bersaing dengan pemain lainnya. Baik di klub maupun timnas. Bayu harus meningkatkan kemampuannya agar kariernya bisa lebih maju lagi karena secara nasional masih banyak gelandang bagus yang suatu saat bisa menggeser posisi di timnas. Yang jelas, Bayu Pradana tak boleh berpuas diri dengan penampilannya tadi malam," nasihat Jafri buat Bayu.

 

 

Video Populer

Foto Populer