Sukses


Filipina Terancam Krisis Bek di Piala AFF 2016

Bola.com, Manila - Target menjuarai Piala AFF 2016 diapungkan Filipina. Namun, jalan mewujudkan ambisi itu dipastikan tidak akan mudah. Selain persaingan dengan kontestan lain, problem internal tim membayangi persiapan skuat asuhan pelatih Thomas Dooley itu.

Secara khusus, problem internal yang membuat fans The Azkals khawatir, terarah pada sektor belakang timnas Filipina. 

Tiga pemain belakang langganan timnas Filipina pada tiga edisi terakhir Piala AFF, yang seluruhnya berakhir di fase semifinal, sudah pensiun dari timnas karena faktor usia. Tiga pemain itu adalah Rob Gier, Jerry Lucena, dan Juani Guirado.

Sebagai gantinya, Thomas Dooley memercayakan barisan pertahanannya pada kolaborasi pemain lama dan muka baru. Semisal Martin Markus Steuble, Amani Manuel Aguinaldo, Dennis Villanueva, dan Daisuke Sato. 

Namun, cobaan datang karena pemain yang sudah diproyeksikan itu mengalami cedera, seperti yang dialami Simone Rota. Kemungkinan pemain yang dibesarkan di Italia itu untuk bermain di Piala AFF edisi ke-11 pada 2016 ini sangat tipis menyusul cedera ACL yang dialaminya.

Sports Inquirer menulis pada edisi Kamis (15/6/2016) bila Daisuke Sato juga kemungkinan besar absen karena komitmennya pada klub.

Hal itu membuat opsi di lini belakang yang dimiliki Thomas Dooley jadi terbatas. Kapten timnas Filipina, Philip Younghusband, angkat bicara perihal ini.

"Kehilangan mereka jadi hal besar. Bukan hanya karena kami kehilangan pemain yang tampil apik di lapangan, namun karena kami kehilangan pemain yang memiliki kepribadian bagus di dalam maupun luar lapangan, dan hal itu sebenarnya yang terpenting," tuturnya.

Meski begitu, Philip tetap optimistis dengan peluang timnya memenangi gelar juara untuk pertama kalinya kendati sektor belakang terancam krisis.

"Saya percaya kami punya kualitas mumpuni untuk mengatasi tantangan dan mengungkapkan keyakinan bila tim mampu memenangi turnamen ini untuk pertama kalinya," ujar adik James Younghusband itu.

Melihat kondisi itu, Thomas Dooley kemungkinan besar akan mematenkan duet Dennis Villanueva dan Amani Manuel Aguinaldo sebagai bek tengah dan Martin Markus Steuble di posisi bek kanan.

Bila memakai skema empat bek, artinya pekerjaan rumah pelatih asal Amerika Serikat itu adalah menemukan pengganti sepadan Daisuke Sato di posisi bek kiri.

 

Video Populer

Foto Populer