Sukses


Piala AFF U-19: Malaysia dan Vietnam Menang Lagi

Bola.com, Hanoi - Berbeda dengan Timnas Indonesia U-19 yang terseok-seok, langkah timnas Malaysia U-19 di Piala AFF U-19 2016 cukup mulus. Pada Kamis (15/9/2016), timnas Malaysia U-19, kembali menang. Kali ini skuat asuhan pelatih Frank Bernhardt mengalahkan tetangga dekat, Singapura, dengan skor 2-1.

Kemenangan itu jadi yang kedua yang diraih Malaysia dari dua pertandingan yang sudah dijalani di penyisihan Grup A. Pada laga pertama Zarulizwan Mazlan dkk. menggulung Filipina 5-0 (13/9/2016).

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Hang Day, Hanoi, baik Malaysia maupun Singapura berjuang melawan cuaca lembab jelang musim gugur di Hanoi. Meski bukan negara empat musim, memasuki bulan September kelembaban di Hanoi bisa mendekati 70 persen.

Seperti dilansir dari laman resmi AFF, Singapura pada awal pertandingan terlihat kesulitan bermain dan menyesuaikan diri dengan cuaca itu. Alhasil, pada menit ke-16 gawang The Lions sudah bobol lewat tembakan jarak jauh.

Malaysia menggandakan keunggulan pada injury time babak pertama sementara Singapura baru bisa menipiskan skor menit ke-80.

Seusai pertandingan pelatih Malaysia, Frank Bernhardt, mengaku performa skuatnya belum maksimal. "Kami tidak bersiap sama sekali untuk turnamen ini dan kondisi pemain tidak bagus. Tapi, kami sudah cukup lumayan di babak kedua," ujar pelatih asal Jerman itu.

 

2 dari 2 halaman

Vietnam dapat dua penalti

Sedangkan pelatih Singapura, Inoue Takuya, tetap mengapresiasi perjuangan anak asuhannya kendati dari dua pertandingan yang sudah dijalani baru mengoleksi poin satu poin hasil menahan 0-0 Vietnam pada laga pertama (11/9/2016).

"Kami membuat sejumlah kesalahan di babak pertama tetapi kami lebih baik di babak kedua," kata Takuya mengomentari duel kontra Malaysia.

Pada hari dan di tempat yang sama, seusai laga Malaysia versus Singapura, timnas Vietnam U-19 juga memetik kemenangan. Kali ini Filipina yang dikalahkan dengan skor 4-3.

Kendati menang, pelatih Vietnam, Hoang Anh Tuan, menilai timnya masih bermain di bawah standar. "Lagi-lagi kami tidak bermain sebagaimana mestinya. Kami harus lebih baik lagi," kata Hoang Anh.

"Kami memiliki waktu istirahat beberapa hari sebelum laga terakhir di penyisihan grup melawan Malaysia. Jadi, kami masih punya waktu memperbaiki tim," imbuh sang pelatih.

Di sisi lain, sama seperti Thailand saat melawan Indonesia, Filipina juga terkena dua kali penalti pada laga menghadapi Vietnam. Hanya bedanya, The Azkals tak bisa mengakhiri pertandingan dengan kemenangan dan harus menelan kekalahan ketiga mereka di turnamen ini.

"Dua penalti itu memang merugikan tetapi saya memercayai anak-anak ini dan mereka masih bisa bermain tahun depan. Mereka akan jauh lebih baik pada 2017," ucap Dan Padernal, pelatih timnas Filipina.

Tiga kali kalah beruntun membuat langkah Filipina ke babak berikutnya sudah tertutup, sementara Vietnam untuk sementara ada di puncak klasemen Grup A Piala AFF U-19 2016 dengan koleksi poin tujuh.

Video Populer

Foto Populer