Sukses


Sajian Jalan Terjal buat Timnas Indonesia saat Arungi Piala AFF

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menjalani jalan yang teramat terjal untuk bisa menjadi juara Piala AFF 2016. Tim asuhan Alfred Riedl sudah disuguhi laga-laga berat saat menjalani fase penyisihan Grup A yang dihelat di Filipina 19 November-25 November. Hasil undian AFF, menempatkan Tim Merah-Putih satu grup dengan Thailand, Filipina, dan Singapura.

Lawan-lawan yang tak bisa dipandang remeh, mengingat mereka belakangan spesialis semifinal beberapa edisi terakhir Piala AFF. Thailand dan Singapura tercatat sebagai negara pengoleksi gelar terbanyak Piala AFF.

Masing-masing meraih empat trofi. Tim Negeri Gajah Putih menjadi yang terbaik di Piala AFF edisi 1996, 2000, 2002, dan 2014. Sementara itu Tim Negeri Singa tercatat sebagai kampiun turnamen di edisi 1998, 2004, 2007, dan 2012.

Filipina, sekalipun belum pernah menjadi juara, The Azkals di tiga edisi Piala AFF terakhir selalu lolos ke semifinal. Semenjak tim tuan rumah memberdayakan pemain-pemain berdarah Eropa mereka jadi kekuatan menakutkan di level persaingan elite Asia Tenggara.

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, menyebut Filipina bakal jadi lawan alot bagi tim asuhannya.

"Mereka bukan lagi negara kelas dua di ASEAN. Keterlibatan pemain-pemain yang pernah berkiprah di kompetisi Eropa membuat mereka naik kelas secara permainan. Persiapan mereka menghadapi Piala AFF amat matang. Status sebagai tuan rumah membuat mereka layak dijadikan salah satu tim unggulan juara," ungkap Alfred saat berbincang dengan Bola.com belum lama ini.

Timnas Indonesia bakal memulai petualangan penyisihan Grup A dengan menjajal kekuatan Thailand pada 19 November 2016 di Stadion Filipina, Bocaue. Tim asuhan Kiatisuk Senamuang yang berstatus sebagai juara bertahan Piala AFF, kini tengah fokus menghadapi kualifikasi akhir Piala Dunia 2018 zona Asia.

Sempat Muncul rumor kalau mereka bakal menurunkan tim pelapis yang didominasi pemain belia U-23, karena konsentrasi mereka terarah ke event yang lebih besar tadi.

Namun kalau melihat jadwal Kualifikasi Piala Dunia, rasanya tak ada alasan bagi Thailand menyimpan kekuatan terbaik saat berlaga di Piala AFF. Di ajang kualifikasi mereka terakhir kali bertanding pada Selasa (11/10/2016). Ada jeda cukup panjang sebelum pada Kamis (23/3/2017) mereka bertanding lagi melawan Arab Saudi.

Piala AFF 2016 bisa dimanfaatkan sebagai ajang pemanasan bagiĀ Sinthaweechai Hathairattanakool dkk. Dengan menjalani laga-laga kompetitif Thailand diyakini lebih siap saat berduel dengan Arab Saudi nantinya. Setelah lolos dari hadangan Thailand, selanjutnya Tim Garuda langsung ditantang Filipina pada 22 November 2016.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Momok Bule Filipina

Dibanding Indonesia, Filipina menyongsong Piala AFF edisi tahun ini dengan rangkaian uji coba yahud. Pada Selasa (7/10/2016) Philip Younghusband bertanding melawan Bahrain. Selanjutnya mereka berjumpa Bahrain pada Jumat (7/10/2016). Berikutnya Tim Pinoy bersua Korea Utara pada Senin (10/10/2016) dan ditutup melawan Kirgistan pada Rabu (10/10/2016).

"Filipina sempat menggelar pelatnas di Spanyol. Federasi sepak bola negara tersebut amat matang menyiapkan rangkaian uji coba buat timnasnya. Idealnya Indonesia butuh empat sampai lima uji coba internasional sebelum berlaga di Piala AFF 2016. Pemain butuh dibiasakan merasakan atmosfer pertandingan sarat tekanan," tutur Wolfgang Pikal, asisten pelatih Timnas Indonesia.

Pada penutup penyisihan Grup A Piala AFF 2016, Timnas Indonesia bakal bersua Singapura pada 25 November 2016 di Stadion Rizal Memorial, Manila. Lagi-lagi, kubu lawan terlihat lebih berstruktur dalam melakukan persiapan.

Seperti dilansir dari The New Paper, Minggu (18/9/2016), The Lions bakal menjalani pemusatan latihan (TC) di Qatar sebagai persiapan tahap akhir jelang Piala AFF edisi ke-11 tahun ini. TC di negara kawasan Timur Tengah itu digelar dari 1-10 November 2016.

Lima hari selepas tiba kembali di Singapura dari Qatar, skuat asuhan pelatih V. Sundramoorthy itu dijadwalkan berangkat ke Filipina dan bersiap menjalani pertandingan melawan tuan rumah, Filipina, pada laga pertama penyisihan Grup A, 19 November 2016.

The Lions punya waktu sekitar empat hari untuk beradaptasi dengan kondisi di markas lawan. Namun sebelum semua itu, Timnas Singapura bakal terlebih dulu menjalani beberapa laga persahabatan internasional sekaligus uji coba. Yang terdekat, melawan Malaysia. Duel melawan negara tetangga itu digelar 7 Oktober di Stadion Nasional, Singapura.

Kemudian pada 11 Oktober 2016, giliran Hong Kong yang dijadikan lawan latih tanding. Timnas Singapura juga diagendakan menjalani dua uji coba saat menjalani pelatnas di Qatar. Hanya, hingga saat ini belum ditentukan siapa lawan yang akan mereka hadapi.

Belum diketahui apa alasan The Lions menggelar pemusatan latihan di Qatar. Namun, pada 1 September lalu, Daniel Bennett dkk. menjalani laga persahabatan melawan Bahrain di Manama. Duel itu berakhir dengan kekalahan 1-3.

Pada medio hingga akhir bulan Juli lalu, The Lions yang diproyeksikan turun di Piala AFF 2016 sudah berlatih dan beruji coba di Niigata, Jepang. Rangkaian uji coba pada bulan Juli itu diakhiri dengan menjajal Kamboja di Phnom Penh. Sebelumnya, pada awal Juni, atau hanya beberapa hari setelah Sundram menduduki kursi pelatih kepala, Timnas Singapura turun di turnamen Aya Bank Cup di Yangon, yang juga diikuti tuan rumah Myanmar dan Vietnam.

3 dari 4 halaman

Ketahanan Stamina Pemain

Jika akhirnya Indonesia dinaungi keberuntungan lolos ke semifinal lawan-lawan berat siap menanti. Di penyisihan Grup B yang digelar di Myanmar bersaing Malaysia, Vietnam, tuan rumah Myanmar, dan negara pemenang kualifikasi. Dua negara yang pertama disebut masuk daftar unggulan.

Jika jadi juara Grup A, Timnas Indonesia bakal berjumpa runner-up Grup B dengan status sebagai tim tamu terlebih dahulu pada 4 Desember. Selanjutnya menjadi tuan rumah pada duel leg kedua yang dijadwalkan pada 8 Desember.

Jika Tim Garuda di posisi dua klasemen Grup A, makaĀ  Evan Dimas dkk. akan memainkan pertandingan kandang terlebih dahulu pada 3 Desember. Kemudian Tim Merah-Putih berstatus sebagai tim tamu pada leg kedua yang jadwalnya ditetapkan pada 7 Desember.

Pertandingan final Piala AFF 2016 sendiri juga digelar dalam format home and away. Ketahanan para pemain-pemain Timnas Indonesia menjalani laga-laga berat secara maraton akan jadi penentu kelangsungan mereka di persaingan turnamen.

Patut dicatat jika Timnas Indonesia mengalami situasi tidak mengenakkan pada Piala AFF 2014. Kompetisi Indonesia Super League baru usai hitungan beberapa pekan jelang Piala AFF. Alfred Riedl yang saat itu juga membesut Tim Garuda hanya punya waktu empat hari saja melakukan pemantapan tim.

Dengan modal stamina ampas, para pemain Timnas Indonesia terkapar di penyisihan. Tahun ini, para pemain terbaik sedang menjalani Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooreddo. Pelaksanaan pelatnas tidak maksimal karena klub tidak bersedia melepas seluruh pemain terbaiknya. Alfred kudu putar otak mengakali keterbatasan ini. Bisakah ia lolos dari ujian?

4 dari 4 halaman

Jadwal Lengkap Piala AFF 2016

Grup A: Filipina, Thailand, Singapura, Indonesia

9 November 2016:

Thailand Vs Indonesia (Philippine Sports Stadium, Bocaue)

Filipina Vs Singapore (Philippine Sports Stadium, Bocaue)

22 November 2016

Thailand Vs Singapura (Philippine Sports Stadium, Bocaue)

Indonesia Vs Filipina (Philippine Sports Stadium, Bocaue)

25 November 2016:

Singapura Vs Indonesia (Rizal Memorial Stadium, Manila)

Filipina Vs Thailand (Philippine Sports Stadium, Bocaue) Group B

Grup B: Myanmar, Malaysia, Vietnam, Pemenang Kualifikasi

20 November 2016:

Malaysia Vs Pemenang Kualifikasi (Thuwunna YTC Stadium, Yangon)

Myanmar Vs Vietnam (Thuwunna YTC Stadium, Yangon)

23 November 2016:

Malaysia Vs Vietnam (Thuwunna YTC Stadium, Yangon)

Pemenang Kualifikasi Vs Myanmar (Thuwunna YTC Stadium, Yangon)

26 November 2016:

Vietnam Vs Pemenang Kualifikasi (Aung San Stadium, Yangon)

Myanmar Vs Malaysia (Thuwunna YTC Stadium, Yangon)

Semifinal:

Leg I:

3 Desember 2016: Runner-up A Vs Juara B 4

Desember 2016: Runner-up B Vs Juara A

Leg II:

7 Desember 2016: Juara B Vs Runner-up A

8 Desember 2016: Juara A Vs Runner-up B

Final

Leg I: 14 December 2016

Leg II: 17 Desember 2016

Video Populer

Foto Populer