Sukses


PON 2016: Gol Pemain Timnas U-19 Bawa Sulsel ke Semifinal

Bola.com, Bekasi - Sulawesi Selatan akhirnya lolos ke semifinal cabang sepak bola PON 2016 Jabar usai menekuk juara bertahan Kalimantan Timur 1-0 di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (24/9/2016). Gol tunggal kemenangan Sulsel dicetak oleh Asnawi Mangkualam Bahar yang baru saja memperkuat timnas U-9 di Piala AFF 19 2016 pada menit ke-49.

Bagi Sulsel, sukses ini merupakan memutus sejarah buruk mereka pada empat penyelenggaraan PON sebelumnya. terakhir Sulsel lolos ke semifinal pada PON 1996 di Jakarta.

"Kami persembahkan kemenangan ini buat masyarakat Sulsel yang telah menunggu cabang sepak bola kembali berprestasi," ujar Syamsuddin Umar, pelatih Sulsel.

Prestasi tertinggi Sulsel di cabang sepak bola yakni meraih perunggu pada PON 1977. Saat itu, Syamsuddin masih tercatat sebagai gelandang Sulsel. Meski menyebut sukses ke semifinal sebagai kemenangan tim, Syamsuddin secara khusus memuji penampilan Asnawi, pencetak gol tunggal Sulsel.

"Saya memberi apresiasi kepada kejelian Asnawi melihat celah di lini belakang Kaltim," papar Syamsuddin yang pernah membawa PSM Makassar juara Perserikatan 1992 dan Liga Indonesia 1999/2000 ini.

Menurut Syamsuddin, partai terakhir Grup D melawan Kaltim adalah laga terberat skuatnya. Apalagi, laga ini sempat tertunda selama 40 menit saat laga berjalan 20 menit karena hujan deras yang membuat lapangan Stadion Patriot tergenang.

"Syaiful, kiper kami cedera karena laga terhenti. Sebagai pelatih saya yang salah, karena tidak mengintruksikan dia pemanasan yang cukup sebelum kembali ke lapangan," jelasnya.

Syamsuddin pun enggan berkomentar soal peluang Sulsel di semifinal. "Saat ini, saya fokus menjaga harmonisasi dan stamina pemain. Bayangkan, dalam 10 hari kami sudah tampil dalam enam partai," katanya.

Di lain pihak, kubu Kaltim menerima kekalahan dari Sulsel. "Kami sudah tampil maksimal. Hanya memang Sulsel tampil lebih cerdik dan berhasil mencetak gol. Kami kecolongan di menit awal babak kedua," jelas Rahmat Hidayat, asisten pelatih Kaltim.

Video Populer

Foto Populer