Sukses


Kontroversi Pemanggilan Pemain Naturalisasi di Timnas Malaysia

Bola.com, Kuala Lumpur - Masalah seolah belum mau beranjak dari Ong Kim Swee, pelatih timnas Malaysia. Di saat ia membutuhkan dukungan penuh dari semua stakeholder sepak bola di Negeri Jiran dalam mempersiapkan tim yang akan turun di Piala AFF 2016, kontroversi kembali muncul terkait skuat asuhannya.

Kali ini pemanggilan pemain naturalisasi, Darren Lok, yang jadi penyebab. Pada Minggu (26/9/2016), Kim Swee memanggil Darren ikut menjalani pemusatan latihan timnas, yang dikhususkan sebagai persiapan dua partai persahabatan level A menghadapi Singapura (7/10/2016) dan Afghanistan (11/10/2016).

Darren Lok merupakan pemain ke-26 atau pemain terbaru yang dipanggil sang pelatih di luar 25 nama yang sudah dipanggil sebelumnya pada 21 September 2016.

Kontroversi muncul karena sejumlah kalangan menilai pemanggilan itu tidak tepat. Pasalnya, Darren tercatat baru tampil sekali di Liga Malaysia, tepatnya bersama Johor Darul Ta'zim (JDT) II yang berkiprah di kasta kedua kompetisi Malaysia, Malaysia Premier League.

Pemain berdarah Inggris itu menjalani debut sebagai pengganti saat JDT II bermain 1-1 melawan Kuala Lumpur FA, Jumat (23/9/2016).

Darren bergabung bersama JDT II sejak Mei 2016 saat jendela transfer, namun belum bisa dimainkan karena terganjal kuota pemain asing.

Darren bukanlah warga negara Malaysia dan baru sepekan lalu mendapat kewarganegaraan Malaysia, tepatnya berselang sehari dari pemanggilan 25 pemain ke TC timnas Malaysia, hingga akhirnya striker 26 tahun itu bisa dimainkan JDT II dengan status pemain lokal.

Meski mendapat kritikan atas keputusannya memanggil Darren, Ong Kim Swee berkukuh dengan keputusannya.

"Dia sudah bersama JDT sejak empat bulan terakhir dan hanya soal waktu sampai dia mendapat kewarganegaraan Malaysia. Selama itu pula kami senantiasa mencermati perkembangannya di JDT. Saya mengirim asisten pelatih Brad Maloney, Jumat lalu, untuk memantau permainannya. Itu sudah cukup buat kami sebelum memutuskan memanggilnya," beber Kim Swee seperti dikutip di ESPN Asia, Rabu (28/9/2016).

"Jika kami tidak memanggil Darren sekarang, tidak ada kesempatan lain lagi untuk mengujinya dalam laga internasional. Pemanggilan ini juga akan jadi yang terakhir buat para pemain. Saya sudah memberi kesempatan dan tergantung bagaimana mereka membuktikan pantas masuk tim inti," imbuh Kim Swee.

Darren, yang sudah berada dalam pemusatan latihan sejak Selasa (27/9/2016), mengaku terkejut dengan pemanggilan ini. "Tentu terkejut karena saya baru tampil selama 45 menit bersama klub. Tapi, saya gembira bisa dipanggil ke TC," ucapnya seperti dikutip di situs resmi FAM, Selasa (27/9/2016).

Di sisi lain, selain Darren Lok, ada satu lagi pemain naturalisasi di timnas Malaysia saat ini, yakni Matthew Thomas Davies. Satu pemain naturalisasi lainnya, Bredan Gan, terpaksa keluar dari opsi Ong Kim Swee untuk Piala AFF 2016 karena mengalami cedera saat beruji coba melawan Timnas Indonesia (6/9/2016).

 

 

Video Populer

Foto Populer