Sukses


Pelatih Malaysia Rayu 4 Pemain yang Mundur kembali ke Timnas

Bola.com, Kuala Lumpur - Kekalahan timnas Malaysia dari Indonesia dengan skor 0-3 pada laga uji coba yang dimainkan di Stadion Manahan, Solo (6/9/2016), masih terasa pahit bagi timnas berjulukan Harimau Malaysia itu.

Setiba kembali di Malaysia, pelatih timnas Malaysia, Ong Kim Swee, terkesan gagal move-on. Pelatih 45 tahun itu berharap empat pemain yang mundur pada medio Juli 2016 merivisi keputusan mereka dan bersedia memperkuat timnas lagi.

Empat pemain yang dimaksud Kim Swee adalah Safiq Rahim (yang sebelumnya menjabat kapten Malaysia/gelandang), Aidil Zafuan Abd Radzak (wakil kapten/bek tengah), S. Kunanlan (bek kanan), dan Amirulhadi Zainal (gelandang). Keempatnya saat ini bermain di klub yang sama, Johor Darul Ta'zim.

Empat pemain itu dalam beberapa tahun terakhir, semisal Safiq Raham sejak tujuh tahun lalu, jadi kekuatan utama di lini tengah timnas yang berkostum kuning-hitam itu.

Tantangan berat dihadapi Kim Swee karena ia harus mencari pengganti sepadan dari empat pemain itu. Hasilnya, secara khusus untuk duel uji coba melawan Indonesia, Kim Swee memanggil 24 pemain.

Perombakan besar-besaran terjadi karena dari 24 pemain itu, 13 di antaranya merupakan pemain baru. 11 pemain lain sebelumnya sudah masuk timnas saat menjalani rangkaian tur uji coba ke tiga negara di kawasan Oceania pada pertengahan hingga akhir Juni 2016.

Kim Swee menilai uji coba ini jadi momen tepat untuk menguji komposisi pemain barunya itu. Tidak disangka, percobaan itu dianggap gagal total karena sejumlah kesalahan elementer yang dilakukan, terutama di lini belakang, serta ketidakmampuan menciptakan peluang gol.

 

2 dari 2 halaman

Serbasalah

Ditemui awak media setiba di KLIA, Rabu (7/2016) sore waktu setempat, Kim Swee punya penjelasan.

"Apa yang harus saya lakukan? Saya tak punya tim inti yang sudah saya bentuk sejak pertandingan kontra Timor Leste (play-off Piala Asia 2019), Juni lalu," jawab sang pelatih seperti dikutip dari The Star.

Pelatih timnas Malaysia, Ong Kim Swee, memantau latihan anak asuhnya jelang laga ujicoba melawan Indonesia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

"Tim yang itu sudah berkembang dengan baik. Tapi, kali ini (saat melawan Indonesia), dari 11 pemain hanya ada tiga pemain yang berstatus starter dalam tim saat partai melawan Timor Leste lalu. Sisanya, seperti lini belakang, seluruhnya pemain baru yang kurang berpengalaman di ajang internasional," imbuhnya.

Saat melawan Timor-Leste pada 2 dan 6 Juni 2016, Malaysia masih diperkuat Safiq Rahim cs. Mereka mengalahkan negara yang sebelumnya provinsi di Indonesia itu dengan skor indentik, 3-0.

Merasa tersudut dengan situasi tidak mengenakkan ini, Ong Kim Swee mengetuk hati empat eks pemain timnas yang pensiun dini itu untuk kembali mengenakan jersey timnas.

"Bila para pemain senior itu menyaksikan pertandingan (melihat bagaimana Malaysia kesulitan melawan Indonesia), dan masih punya gairah untuk membantu tim, saya berharap mereka kembali. Pintu (timnas) terbuka untuk mereka," kata Kim Swee.

"Saya tak punya banyak alternatif. Saya dalam kondisi tak menguntungkan. Serbasalah. Saya akan dikritik tajam bila membawa kembali para pemain veteran (tua). Saya juga akan dikritik bila gagal meracik tim tidak berpengalaman dan kalah," keluhnya.

Video Populer

Foto Populer