Sukses


Timnas Filipina Ingin Ikuti Jejak Vietnam Gulung Korea Utara

Bola.com, Manila - Berbeda dengan Timnas Indonesia yang sudah mengakhiri agenda uji coba pada Oktober ini, tiga negara tetangga di kawasan ASEAN masih terus memanaskan mesin jelang Piala AFF 2016. Malaysia, Singapura, dan Filipina dijadwalkan beruji coba pada Senin (10/9/2016) dan Selasa (11/9/2016).

Bila Malaysia akan bertemu Afghanistan di Stadion Shah Alam, Selangor (11/10/2016), dan Singapura dijamu Hong Kong di Mong Kong Stadium, Hong Kong (11/10/2016), pada Senin malam ini, Filipina menjamu Korea Utara.

Secara khusus, uji coba Timnas Filipina melawan Korea Utara akan jadi pertarungan seru karena keduanya baru saja dipermalukan oleh lawan masing-masing. Filipina ditundukkan 1-3 oleh Bahrain pada uji coba di Rizal Memorial Stadium, Manila (7/10/2016), sementara Korut digulung 2-5 oleh Vietnam di Ho Chi Minh (6/10/2016).

Kedua negara ini juga sudah tidak asing satu sama lain karena berada dalam satu grup, yakni Grup H, di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2018/Piala Asia 2019 zona Asia.

Ketika itu Filipina tampil mengejutkan dengan menahan 0-0 Korut di Pyongyang pada pertemuan pertama (8/10/2015) dan menang 3-2 di Filipina atas lawan yang sama pada perjumpaan kedua.

Kini, meski dalam kerangka persiapan menuju Piala AFF 2016, Filipina tetap memburu kemenangan. Hanya, di sisi lain, The Azkals kemungkinan tidak akan diperkuat beberapa pemain yang belakangan jadi langganan timnas karena cedera.

"Ada tiga atau empat pemain yang cedera saat melawan Bahrain. Sebagai gantinya kami mungkin akan memasang pemain-pemain muda. Ada kemungkinan coach Dooley juga akan mengubah taktik di laga ini," ujar Chieffy Caligdong, asisten pelatih timnas Filipina seperti dikutip dari Manila Times, Minggu (9/10/2016).

Korea Utara yang dikenal sebagai salah satu raksasa di Asia, juga tak mau kalah beruntun. Sang pelatih, Jorn Andersen, berjanji memberikan perlawanan sengit walau laga ini hanya bertajuk persahabatan.

"Kami senang punya kesempatan mengalahkan tim Thomas Dooley di sini, Manila, dan bermain dengan tim kuat seperti Filipina," kata Andersen di Phil Star, Senin (10/10/2016).

Pelatih asal Norwegia itu mengingatkan tim yang diasuhnya saat ini berbeda bila dibandingkan yang diturunkan pada kualifikasi Piala Dunia 2018/Piala Asia 2019 lalu. "Saya datang ke tim ini pada Mei dan mulai membangun tim yang berisi pemain muda dan kaya pengalaman untuk menghadirkan sesuatu yang baru," ujarnya.

Filipina sesuai keinginan pelatih Thomas Dooley, mengincar beruji coba dengan tim-tim yang lebih kuat sebagai persiapan Piala AFF 2016. Sebelum melawan Bahrain yang berperingkat ke-126 FIFA , The Azkals menjajal Kirgizstan (108), dan kini Korea Utara (118).

"Uji coba ini jadi ujian bagus buat kami. Kami tahu kekuatan Korea Utara seperti apa, jadi kami mengharapkan pertarungan yang ketat," timpal Philip Younghusband, kapten timnas Filipina.

Selepas uji coba ini, timnas Filipina masih menyisakan satu agenda laga persahabatan lagi, yakni menjamu Kirgizstan pada 9 November 2016 di Manila.

 

Video Populer

Foto Populer