Sukses


Semangat Timnas Street Soccer Indonesia Cermin Tafisa Games 2016

Bola.com, Jakarta - Timnas street soccer Indonesia keluar sebagai juara bersama dengan Lithuania pada ajang International Street Soccer Championship di Tafisa Games 2016 yang berlangsung di Taman Impian Jaya Ancol, Minggu (9/10/2016). Semangat kebersamaan yang diperlihatkan Timnas street soccer Indonesia membuat Ketua Panitia Penyelenggara Tafisa Games 2016, Hayono Isman, bangga dan berharap akan ada bintang-bintang sepak bola Indonesia yang berangkat dari street soccer.

Timnas Indonesia dan Lithuania di ajang International Street Soccer Championship pada Tafisa Games 2016 harus menunda pertandingan final yang seharusnya digelar pada Sabtu (8/10/2016). Namun, ketika akan memainkan laga puncak keesokan harinya, cuaca kembali menjadi kendala pertandingan digelar. Kedua tim pun akhirnya bersepakat untuk menjadi juara bersama.

Seperti diungkap oleh Ketua Asosiasi Street Soccer Indonesia (ASSI), Mandhira Isman, bahwa dalam pertandingan ini yang dicari adalah kebersamaan ketimbang kemenangan, semangat Timnas street soccer untuk mau menjadi juara bersama dengan Lithuania adalah sikap yang sangat menceriminkan semangat dalam Tafisa Games 2016.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Penyelenggara Tafisa Games 2016, Hayono Isman, saat memperkenalkan maskot Tafisa Games 2016, Tarsius Tumpara, di Ancol, Jakarta, Senin (10/10/2016) siang. Hayono memuji semangat yang telah diperlihatkan oleh Timnas street soccer Indonesia sebagai tuan rumah yang baik dan memiliki kebersamaan dengan kontestan lain.

"Ya, karena kendala cuaca kemarin final street soccer harus ditiadakan dan Timnas Indonesia dan Lithuania menjadi juara bersama. Sebenarnya Lithuania di babak pertama sudah bertemu Indonesia dan kita menang 12-1. Lithuania pun sempat mengatakan mengalah kepada Indonesia di pertandingan final. Namun, Timnas Indonesia tidak mau dan bersepakat untuk menjadi juara bersama dengan Lithuania," ujar Hayono Isman.

"Itu adalah semangat yang memang diusung dalam Tafisa Games. Kita di sini bukanlah mementingkan ego untuk menjadi yang terbaik dengan menjadi juara. Tetapi bagaimana kita berkompetisi dan mengusung semangat kebersamaan dengan semua partisipan yang lain," lanjutnya.

Keberhasilan Timnas street soccer Indonesia tampil cemerlang hingga final pun membuat Hayono Isman berharap agar kelak Timnas sepak bola Indonesia bisa mendapatkan bibit pemain bagus dari street soccer. Baginya, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia yang dinaungi oleh PSSI memanggil pemain-pemain dari street soccer.

"Lihat saja Neymar dan Ronaldinho dari Brasil. Mereka mengawali sepak bola melalui street soccer dan akhirnya menjadi andalan Timnas Brasil. Semoga sepak bola Indonesia di masa depan akan diisi oleh pemain-pemain dari street soccer seperti halnya Neymar dan Ronaldinho. Namun, yang penting masalah PSSI terselesaikan lebih dulu," ujar ketua panitia penyelenggara Tafisa Games 2016 itu.

Video Populer

Foto Populer