Sukses


Mengulik Kondisi Terkini Myanmar, Calon Lawan Uji Coba Indonesia

Bola.com, Yangon - Timnas Myanmar akan jadi lawan uji coba Indonesia berikutnya jelang tampil di Piala AFF 2016. Uji coba ketiga untuk Timnas Indonesia ini dimainkan pada 4 November 2016 di Stadion Thuwunna, Yangon. 

Sebagai tim tamu, kendati hanya bertajuk uji coba, Indonesia tidak bisa meremehkan Myanmar karena tim asuhan pelatih Gerd Zeise itu pantas dilabeli kuda hitam. Myanmar berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, baik di level kelompok usia maupun senior.

Jelang Piala AFF 2016, mereka bertolak ke Eropa untuk menggelar pemusatan latihan dan uji coba melawan klub-klub di Belanda, Belgia, Siprus, dan Italia selama enam pekan.

Perjalanan ke Eropa ini sama seperti yang pernah dilakukan timnas Myanmar U-19 jelang Piala AFC U-19 2014. Saat itu, Myanmar berhasil menyabet tiket ke Piala Dunia U-20 2015.

Selama di Eropa, timnas Myanmar proyeksi Piala AFF 2016 beruji coba sebanyak delapan kali. Hasilnya, menang empat kali, imbang dan kalah masing-masing dua kali dengan jumlah gol 16 dan kebobolan delapan gol. Uji coba itu dilakukan melawan tim lokal maupun timnas U-21.

Pencoretan yang dilakukan Gerd Zeise terhadap striker bintang mereka, Kyaw Ko Ko, dan gelandang Thiha Zaw karena ketidakharmonisan dengan sang pelatih, tampaknya tidak menimbulkan persoalan. Bahkan, boleh dibilang mereka sudah mulai melupakan dua pemain yang sebelumnya jadi tulang punggung timnas dalam beberapa tahun terakhir itu.

Pasalnya, sang pelatih sudah menemukan pengganti sepadan untuk Kyaw Ko Ko dan Thiha Zaw. Dua pemain yang sudah dipanggil dan ikut menjalani TC di Eropa itu adalah striker 23 tahun, Kaung Sett Naing, dan kapten klub Shan United, Win Min Htut.

2 dari 2 halaman

Bintang SEA Games 2015

Seperti dilansir dari Myanmar Times, Kamis (13/10/2016), dua pemain itu bukanlah wajah baru. Kaung Sett Naing sebelum dipanggil ke timnas senior, merupakan bintang timnas Myanmar U-23.

Salah satu penampilan terbaik penyerang klub Divisi Dua Liga Thailand, Samut Sakhon, itu adalah kala membawa Myanmar tampil mengejutkan di SEA Games 2015. Saat itu Myanmar U-23 melaju hingga ke final dan meraih medali perak, termasuk menumbangkan Indonesia 2-4 di penyisihan Grup A.

"Saya selalu menanti kesempatan ini. Sekarang mimpi saya jadi kenyataan, dipanggil timnas senior," ujar Kaung Sett Naing.

Tugas mantan pemain timnas Myanmar U-19 dan U-21 itu cukup berat mengingat ia harus menggantikan peran Kyaw Ko Ko, penyerang yang bisa dibilang ikon timnas Myanmar selama belakangan ini. Namun, Kaung Sett Naing tidak menunjukkan rasa gentar.

"Saya selalu siap ketika negara memanggil saya. Saya berlatih keras selama berada di Thailand," tegasnya.

Sementara Win Min Htut, kendati usianya sudah 36 tahun, tetap dianggap pilihan tepat untuk menggantikan Thiha Zaw.

"Win Min Htut sungguh luar biasa. Tidak banyak pemain sepertinya. Dia bermain di semua pertandingan kami musim lalu (2016), tidak melewatkan satu pertandingan pun. Pengalamannya akan jadi masukan besar untuk timnas," puji pelatih Shan United, Soe Myat Min di Myanmar Times.

Pemanggilan ini jadi yang pertama sejak setahun terakhir absen bersama timnas. Win Min Htut tercatat mengoleksi 30 caps bersama The White Angels, julukan timnas Myanmar, dan jadi pemain tertua di timnas Myanmar saat ini.

Kaung Sett Naing dan Win Htut dinilai tidak akan kesulitan menyatu dengan tim meski baru bergabung belakangan dan hanya punya waktu lima pekan untuk beradaptasi dengan gaya permainan yang diinginkan Gerd Zeise. 

Timnas Indonesia tentu harus mewaspadai keduanya, termasuk pemain lain semisal Yan Naing Oo, Zaw Lin, Hein Thiha Zaw saat duel uji coba nanti. Kendati tidak segrup pada fase penyisihan Piala AFF nanti, siapa tahu kedua negara bertemu di semifinal atau bahkan final sehingga mempelajari kekuatan dan memetakan kelemahan lawan bisa dilakukan sejak dini.

Hasil uji coba timnas Myanmar di Eropa
Evv Echt vs Myanmar 1-1, K. Berchem vs Myanmar 1-1, Roda JC U-23 vs Myanmar 2-0, VVV Venlo vs Myanmar 0-1, Patro Eisden vs Myanmar 0-4, Paralimni vs Myanmar 1-3, Siprus U-21 vs Myanmar 3-1, Nea Salamis vs Myanmar 0-5

 

 

Video Populer

Foto Populer