Sukses


Hasil Polling Warga Malaysia Remehkan Timnas Mereka di Piala AFF

Bola.com, Kuala Lumpur - Jalan terjal menanti pelatih Timnas Malaysia, Ong Kim Swee, dan pasukannya di Piala AFF 2016. Begitu kesimpulan sementara dari masyarakat Malaysia terhadap timnas kesayangan yang akan berlaga di turnamen sepak bola dua tahun sekali paling elite di ASEAN itu.

Dalam sebuah jajak pendapat yang dilakukan media lokal berbahasa Inggris terbitan Negeri Jiran, The Star, mayoritas responden memprediksi skuat Harimau Malaysia tidak akan mampu bicara banyak di Piala AFF edisi ke-11 tahun ini. 

Hingga Kamis (13/10/2016) siang WIB, sebanyak 735 responden ambil bagian. Hasilnya, 70,61 persen dari mereka (519 responden) memprediksi timnas Malaysia tidak mampu mencapai semifinal alias tersingkir di penyisihan grup.

Hanya 17,28 persen yang yakin Baddrol Bakhtiar dkk. lolos ke semifinal, 1,77 persen melaju ke final, dan 10,34 yakin timnas kesayangan jadi juara Piala AFF 2016 (76 responden).

Penilaian responden kemungkinan dipicu ketidakyakinan mereka terhadap performa yang diperlihatkan timnas proyeksi Piala AFF 2016 dalam laga uji coba belakangan ini. Secara khusus, skor 1-1 saat menjamu Afghanistan di Stadion Shah Alam (11/10/2016) membuat timnas Malaysia mencatatkan hasil tak pernah menang pada empat uji coba resmi terakhir.

Pada 26 Juni 2016, Malaysia ditahan 1-1 oleh Fiji, kemudian kalah 0-3 dari Indonesia (6/9/2016), dan bermain 0-0 dengan Singapura (7/10/2016).

Terlebih, di penyisihan Grup B, timnas Malaysia harus bersaing dengan tuan rumah Myanmar dan Vietnam, serta juara fase kualifikasi.

2 dari 2 halaman

Tugas mahaberat

Upaya Kim Swee untuk kembali membangun tim pasca ditinggal empat pilar timnas tiga bulan lalu, yakni kapten tim Safiq Rahim, Aidil Zafuan (bek tengah), S. Kunalan (bek kanan), dan Amirulhadi Zainal (gelandang), juga dianggap belum berjalan lancar.

Kendati sang pelatih optimistis dengan kans timnya tetap terbuka dalam perburuan gelar juara, masyarakat terutama yang mengikuti jajak pendapat itu, tampaknya punya pendapat lain.

Ong Kim Swee seusai uji coba kontra Afghanistan mengungkapkan skuatnya terus mengalami perkembangan positif. Meski dibobol satu gol di laga itu, Kim Swee memuji pertahanan timnya.

"Sebelum pertandingan, latihan difokuskan pada sisi pertahanan, tetapi setelah ini saya akan mengubah materi latihan. Kami akan fokus pada lini tengah dan penyerangan saat tahap akhir pemusatan latihan nanti," kata Kim Swee di ESPN Asia, Rabu (12/10/2016).

Hanya, keyakinan itu dimentahkan dengan penilaian yang beranggapan bila penampilan Timnas Malaysia sejauh ini jauh dari memuaskan.

Dari enam uji coba yang tercatat di FIFA maupun tidak sejak medio Juni 2016 sebagai persiapan Piala AFF 2016, kurangnya kreativitas, tidak adanya sosok pemimpin di lapangan, serta playmaker di jantung permainan timnas, maupun terbatasnya stok penyerang, membuat fans ragu.

Kini dengan waktu tersisa kurang dari 40 hari jelang kick-off Grup B pada 20 Novemner 2016, The Star menyimpulkan Ong Kim Swee menghadapi tugas mahaberat demi mewujudkan ambisi ke final Piala AFF.

 

 

Video Populer

Foto Populer