Sukses


Jalani Operasi, Ichsan Kurniawan Kubur Impian ke Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Gelandang Sriwijaya FC, Ichsan Kurniawan terpaksa mengubur impian untuk tampil membela Timnas Indonesia pada Piala AFF 2016. Ichsan mengalami cedera dan akan absen sekitar enam bulan.

Ichsan akan menjalani operasi pada 17 Oktober untuk memulihkan cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL). Menurut sekretaris tim SFC, Achmad Haris, Ichsan sudah berkonsultasi ke dokter spesialis di RS Royal Progress, Jakarta yang memang sudah biasa menangani cedera atlet khususnya sepak bola.

"Berdasarkan pemeriksaan tersebut, Ichsan memang direkomendasikan untuk menjalani operasi agar kariernya ke depan tidak terhambat lagi. Dokter Bobby Nelwan menyarankan agar Ichsan segera operasi, karena jika hanya terapi besar kemungkinan jika ada benturan maka akan kambuh lagi,” jelas Haris.

Haris menambahkan, dokter Bobby merupakan dokter spesialis yang cukup ternama di Tanah Air yang pernah menangani operasi beberapa pesepak bola papan atas Indonesia, seperti Ferdinand Sinaga, Ricardo Salampessy, Imanuel Wanggai, atau Boaz Solossa.

“Ichsan Kurniawan saat ini bukan saja aset Sriwijaya FC dan kebanggaan Sumatera Selatan, tapi juga Timnas Indonesia. Sudah bisa dipastikan dia akan absen pada laga tersisa di TSC 2016,” tegasnya.

"Ketika terjadi kerusakan, tubuh tidak dapat memperbaikinya secara alami. Karena itulah operasi menjadi satu-satunya jalan untuk mengobati cedera ACL. Mohon doanya saja supaya operasi dan penyembuhan Ichsan lancar," tegasnya.

Ichsan Kurniawan mengalami cedera saat Sriwijaya FC berlaga melawan Persib Bandung di Palembang. Sebelum itu, Ichsan juga mengalami cedera saat Sriwijaya FC bertandang ke SUGBK melawan Persija pada 28 Juni 2016.

Cederanya semakin parah saat Sriwijaya FC melawan Bhayangkara FC di Palembang. Dalam laga itu, Ichsan kena tekel eks rekannya di Timnas U-19, Muhammad Hargianto.

"Meski diperkirakan sekitar enam bulan untuk pemulihan, namun ada juga pemain yang bisa lebih cepat sembuh karena motivasinya yang kuat,” kata Haris.

Ichsan Kurniawan tak hanya menjadi andalan Sriwijaya FC. Dalam beberapa sesi pemanggilan pemain Timnas Indonesia, Ichsan mendapat tempat di skuat arahan Alfred Riedl. Akibat cedera tersebut, Ichsan batal memperkuat Indonesia dalam laga uji coba melawan Vietnam.

Video Populer

Foto Populer