Sukses


Mainkan Tim Utama, Indonesia Perlu Waspadai Thailand di Piala AFF

Bola.com, Bangkok - Pelatih timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang, melalui Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) sudah menyiapkan pasukan yang akan diturunkan pada pertandingan kelima putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 kontra Australia pada 15 November 2016 yang digelar di Stadion Rajamanggala, Bangkok.

Skuat yang sama akan diboyong Thailand menuju Filipina untuk menjalani Piala AFF 2016 didahului dengan penyisihan Grup A. Timnas Thailand akan menjalani laga pertama di penyisihan Grup A pada 19 November 2016 atau terpaut lima hari dari pertandingan versus Australia.

Tidak ada perbedaan mencolok dari 23 nama yang disiapkan Kiatisuk Senamuang untuk dua event itu dibandingkan skuat yang sudah masuk timnas dan menjalani empat pertandingan di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia.

Dari 23 pemain itu terlihat bila Thailand sudah tidak berada di persimpangan alias bimbang menentukan tim yang akan dimainkan di Piala AFF 2016 sehubungan kampanye mereka di kualifikasi Piala Dunia 2018.

Melihat kondisi terkini di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia yang tidak lagi menguntungkan, FAT memutuskan menurunkan skuat utama di Piala AFF 2016. Hal itu bisa diartikan bila Thailand serius dalam upaya mempertahankan gelar juara sekaligus menambah koleksi gelar jadi kelima kalinya.

Nama-nama semisal Teerasil Dangda, Sinthaweechai Hathairattanakool, Theerathon Bunmathan, dan Tana Chanabut ikut diboyong Kiatisuk Senamuang ke Filipina.

Sedikit kejutan muncul karena Kiatisuk menepikan Charyl Chappuis, pahlawan The War Elephant di Piala AFF 2014. Pemain Suphanburi FC itu mencetak empat gol dan punya kontribusi besar dengan raihan trofi keempat Thailand di Piala AFF dua tahun lalu.

Sebagai gantinya, Kiatisuk memanggil Pravinwat Boonyong dan Rungrath Poomchantuek, dua pemain yang absen dari timnas hampir setahun terakhir.

Kolaborasi veteran-darah muda

Rungrath Poomchantuek diplot menggantikan Chappuis sementara Pravinwat Boonyong menggantikan Koravit Namwiset yang pada laga keempat kualifikasi Piala Dunia 2018 versus Irak (11/10/2016) mendapat kartu merah.

Koravit harus absen saat Thailand menjamu Australia, namun nama bek Buriram United itu tetap akan masuk skuat di Piala AFF 2016.

"Saya memilih Praweenawat karena beberapa waktu lalu dia sudah bermain dengan banyak pemain lain yang ada di timnas saat ini. Dia memenangi medali emas di SEA Games 2013 Myanmar, jadi dia sudah merupakan bagian tim. Untuk Rungrat, saya menontonnya saat Ratchaburi melawan Buriram United dan dia bisa jadi pemain kunci buat kami," ujar Kiatisuk di Bangkok Post, Minggu (23/10/2016).

Secara khusus, timnas Thailand saat ini berisi kolaborasi pemain veteran seperti Sinthaweechai Hathairattanakoo, Teerasil Dangda, Sinthaweechai Hathairattanakool, dan Tana Chanabut dengan pemain muda potensial berkualitas. 

Dari 23 nama itu, setidaknya ada delapan pemain jebolan timnas U-23 yang memenangi medali emas SEA Games 2015 Singapura, yang kini jadi tulang punggung timnas senior. Semisal Perapat Notchaiya, Sarach Yooyen, Chanathip Songkrasin, Tristan Do, Chanin Sae-ear, Tanaboon Kesarat, Adison Promrak, Rungrath Poomchantuek.

Di sisi lain, sang pelatih menyiratkan bila ke-23 pemain ini merupakan skuat final. "Kami akan melihat nanti apakah penggantian dari 23 pemain ini diperlukan untuk mempertahankan gelar Piala AFF," ucap Kiatisuk Senamuang.

Keseriusan Thailand di Piala AFF 2016 selayaknya jadi alarm bagi peserta lain di Grup A, terutama Indonesia yang akan menjalani laga pembuka penyisihan grup kontra Chanathip Songkrasin dkk.

Meski, perpaduan pemain veteran dengan para pemain muda berbakat itu sejauh ini belum berhasil unjuk gigi di putaran kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia, tetap saja kekuatan The War Elephant pantas mendapat perhatian.

Daftar Pemain Timnas Thailand di Piala AFF 2016
Kiper: Sinthaweechai Hathairattanakool, Kawin Thamsatchanan, Chanin Sae-ear
Belakang: Theerathon Bunmathan, Tristan Do, Tanaboon Kesarat, Koravit Namwiset, Pratum Chuthong, Narubadin Weerawatnodom, Perapat Notchaiya, Adison Promrak
Tengah: Adul Lahsoh, Chanathip Songkrasin, Mongkol Tossakrai, Kroekrit Thaweekarn, Sarach Yooyen, Pokklaw Anan, Prakit Deeprom, Rungrath Poomchantuek, Sarawut Masuk
Depan: Teerasil Dangda, Siroch Chatthong, Tana Chanabut

 

Video Populer

Foto Populer