Sukses


Kongres PSSI Tidak Dipercepat

Bola.com, Jakarta - FIFA telah menginstruksikan Kongres Pemilihan PSSI yang seharusnya digelar pada 17 Oktober 2016 hanya bisa ditunda hingga maksimal 10 November 2016. Komite Eksekutif PSSI pun telah menetapkan bahwa kongres akan digelar pada 10 November 2016 di Jakarta.

Kongres PSSI yang seharusnya digelar pada 17 Oktober 2016 akhirnya harus ditunda setelah polemik lokasi penyelenggaraan kongres antara PSSI dan Kemenpora tak menemui titik temu. Surat menyurat pun dilakukan oleh PSSI dan Kemenpora kepada FIFA mengenai situasi terkini federasi sepak bola Indonesia itu.

FIFA dalam surat balasannya pun merekomendasikan ditundanya Kongres Pemilihan PSSI hingga maksimal 10 November 2016 dengan bertempat di Jakarta. Dengan rekomendasi tersebut, muncul anggapan bahwa kongres bisa digelar lebih cepat dari tanggal maksimal yang diberikan oleh organisasi sepak bola dunia itu.

Setelah Kelompok 85 yang berisi sebagian besar voter PSSI mengaku tidak akan bereaksi apa pun mengenai tanggal pelaksanaan Kongres Pemilihan PSSI yang disarankan FIFA, Komite Eksekutif PSSI pun telah menetapkan bahwa 10 November 2016 menjadi tanggal pasti diselenggarakannya kongres yang tertunda itu.

"Dalam pertemuan Exco PSSI yang digelar di Makassar pada 15 Oktober kemarin, di mana saat itu kami juga berkomunikasi dengan FIFA dan AFC, kami pun menetapkan sesuai dasar surat dari FIFA yang kami terima bahwa Kongres diselenggarakan di Jakarta pada 10 November 2016," ujar anggota Exco PSSI, Tony Aprilani, saat dihubungi Bola.com, Minggu (23/10/2016).

Tony Aprilani mengungkapkan bahwa dalam pertemuan di Makassar, Exco PSSI pun bertemu dengan panitia penyelenggara lokal Kongres PSSI di Makassar. Anggota Exco PSSI yang juga maju dalam pencalonan Ketua Umum PSSI periode 2016-2020 itu melihat betapa besar kekecewaan panitia lokal yang sudah rampung dalam mempersiapkan kongres.

Sementara untuk Kongres Pemilihan PSSI di Jakarta, hingga saat ini belum bisa dipastikan lokasi Kongres PSSI diselenggarakan. Hingga saat ini PSSI masih mencari lokasi kongres dan terus berkoordinasi dengan pihak keamanan.

"PSSI dalam hal ini melalui Sekjen masih mencari dan berkoordinasi dengan pihak keamanan, yaitu kepolisian. Sampai kemarin belum ada perkembangan tempat pasti kongres. "Semoga pekan depan sudah bisa dipastikan," ujar Tony menutup pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer