Sukses


Pelatih Timnas Vietnam Anggap Alfred Riedl Guru Berharga

Bola.com, Hanoi - Tidak hanya Alfred Riedl yang harus menepikan sementara kedekatannya dengan Vietnam demi Timnas Indonesia. Pelatih timnas Vietnam, Nguyen Huu Thang, juga bersikap sama. Ia harus melupakan sesaat bila Alfred Riedl merupakan salah satu sosok yang berpengaruh dalam karier sepak bolanya.

Seperti diketahui, Alfred Riedl dan Nguyen Huu Thang, yang kini sama-sama berstatus pelatih timnas, pernah bekerja sama. Keduanya bahu-membahu di timnas Vietnam periode 1998-2000. Secara khusus, di Piala AFF 1998 dan SEA Games 1999 Alfred bertindak sebagai pelatih timnas Vietnam dan Nguyen Huu Thang jadi salah satu pemain belakang andalan Alfred.

Alfred sudah jujur dengan blakblakan mengungkapkan perasaannya soal Vietnam yang mengisi hatinya serta anak didiknya, terutama yang sekarang masih aktif di dunia sepak bola seperti Le Cong Vinh dan Nguyen Huu Thang.

Alfred mengaku ikut senang dengan karier yang dimiliki bekas anak didiknya itu. Dengan tulus Alfred mendoakan kesuksesan Nguyen Huu Thang dalam karier kepelatihan yang dijalaninya saat ini. 

Seakan menimpali ungkapan hati Alfred, Huu Thang balas mengungkapkan pendapatnya mengenai Alfred. Dalam sesi jumpa pers sebelum pertandingan uji coba Vietnam vs Indonesia, pelatih yang pernah jadi kapten timnas Vietnam itu, dengan terbuka menjelaskan bagaimana sosok Alfred Riedl di matanya.

"Coach Alfred Riedl adalah salah satu guru asing yang paling saya hormati. Secara profesional, saat masih aktif bermain, dia merupakan pemain berkelas di Eropa, bahkan pernah meraih penghargaan pencetak gol terbanyak. Dalam kehidupan sehari-hari, dia juga luar biasa. Saya sangat respek dengan semua hal darinya," kata Nguyen Huu Thang seperti dikutip dari The Thao Van Hoa, Selasa (8/11/2016).

"Saya berterima kasih atas semua nasihat yang diberikannya pada saya. Itu jadi sebuah dorongan dan pelajaran emosional berharga untuk saya sampai saat ini. Tetapi, dalam waktu dekat, suka tidak suka, kami harus berhadapan. Timnas Vietnam seperti halnya Indonesia juga punya perjalanan panjang yang harus dilalui (di Piala AFF). Kami tidak bisa hanya duduk di sini dan saling melempar pujian satu sama lain," tutur mantan pelatih klub Song Lam Nghe An itu.

Di sisi lain, Nguyen Huu Thang menjelaskan bila kemenangan bukan hal yang dicarinya dalam uji coba melawan Indonesia pada Selasa (8/11/2016) malam ini. Dengan Piala AFF tinggal menyisakan 12 hari lagi, tidak ada waktu lagi buatnya untuk coba-coba. 

Nguyen Huu Thang ingin menguji kerja sama dan kesolidan timnya dengan permainan yang akan diusung di Piala AFF 2016. Meski tidak memburu kemenangan, sang pelatih menjanjikan duel uji coba yang dimulai jam 19.00 WIB nanti akan menghibur dan memuaskan para penonton, khususnya para pendukung timnas Vietnam yang akan datang di Stadion My Dinh, Hanoi.

 

Video Populer

Foto Populer