Sukses


Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia Kalah dari Vietnam

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menelan kekalahan pertama dalam rangkaian uji cob jelang tampil di Piala AFF 2016. Hasil itu harus diterima tim asuhan Alfred Riedl seusai kalah dengan skor tipis 2-3 dari Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (8/11/2016) waktu setempat.

Kekalahan ini membuat tren belum terkalahkan Timnas Indonesia pada tiga laga terakhir laga uji coba tidak berbekas. Sebelumnya, Boaz Solossa dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Malaysia 3-0, imbang 0-0 kontra Myanmar dan ditahan Vietnam 2-2 saat bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 6 September 2016.

Pada laga ini, Timnas Indonesia berhasil unggul dua kali atas Vietnam berkat gol yang dicetak duet lini depan, Boaz Solossa dan Irfan Bachdim. Namun, Vietnam yang mendominasi jalannya pertandingan berhasil membalikkan keadaan berkat gol-gol yang dijaringkan Le Cong Vinh, Nguyen Cong Phuong, dan Nguyen Van Toan.

Dari segi statistik, Vietnam melakukan 69 persen penguasaan bola berbanding 31 persen milik Indonesia. Dari segi tembakan, Indonesia masih lebih baik dengan melakukan enam tembakan ke gawang, berbanding lima tembakan ke gawang milik Vietnam.

Selain statistik itu, ada beberapa fakta menarik yang juga mengiringi hasil laga uji coba ini. Berikut beberapa fakta yang dirangkum Bola.com dari berbagai sumber:

1. Gol Boaz ke gawang Vietnam menjadi yang ke-11 Timnas Indonesia. Sejauh ini, ia sudah mencetak gol ke gawang Laos, Vietnam, Malaysia, Oman, Uruguay, Arab Saudi, dan Cina.

2. Gol dari titik penalti menjadi yang kedua dicetak Irfan Bachdim ke gawang Vietnam. Gol pertama ia cetak saat Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 kontra Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 9 Oktober 2016.

3. Laga uji coba melawan Vietnam menjadi yang kedua bagi Stefano Lilipaly bersama Timnas Indonesia. Pemain naturalisasi itu terakhir kali memperkuat Tim Merah Putih saat mengalahkan Vietnam 2-0, 14 Agustus 2013.

4. Gol yang dicetak Le Cong Vinh menjadi yang kedua ke gawang Timnas Indonesia. Saat ini, legenda hidup sepak bola Vietnam itu sudah mengoleksi 48 gol dari 76 penampilan bersama The Golden Stars.

5. Vietnam diperkuat empat mantan pemain Vietnam U-19 pada laga uji coba kali ini, yakni Vu Van Thanh, Luong Xuan Truong, Nguyen Van Toan, dan Nguyen Cong Phuong. Sedangkan di Timnas Indonesia ada Rudolof Yanto Basna dan Evan Dimas Darmono.

 

Video Populer

Foto Populer