Sukses


Jelang Piala AFF, Malaysia Hanya Menang Tipis dari Timnas U-22

Bola.com, Kuala Lumpur - Pekerjaan rumah pelatih timnas Malaysia, Ong Kim Swee, dalam mempersiapkan tim untuk Piala AFF 2016 tampaknya masih bertumpuk. Padahal, partai pertama penyisihan Grup B Piala AFF 2016 tinggal delapan hari lagi. Hal itu mengacu pada uji coba timnas Malaysia melawan sang adik yang disiapkan untuk SEA Games 2017, timnas Malaysia U-22.

Pada uji coba yang digelar di lapangan Wisma FAM, Jumat (11/11/2016), timnas Malaysia proyeksi Piala AFF 2016 hanya menang 4-3. Bahkan Safee Sali dkk. sempat tertinggal dua kali di babak pertama dan kedua sebelum akhirnya unggul tipis, lima menit jelang pertandingan usai.

Tiga gol timnas Malaysia U-22 yang dilatih Frank Bernhardt lahir dari Adam menit ke-8, Syafiq Ahmad menit ke-29, dan Jafri Muhammad Firdaus Chew menit ke-78.

Sedangkan empat gol timnas Harimau Malaysia senior dilesakkan Amri Yahyah menit ke-23, Shahrom Abdul Kalam dan Syazwan Zainon di menit akhir babak pertama, serta Zaquan Adha Razak menit ke-85.

Hasil ini dianggap Ong Kim Swee cukup mengecewakan. Ia mengakui masih banyak perbaikan yang harus dilakukan pada timnya. Namun di balik itu, ia tetap bersyukur karena kondisi ini terjadi sebelum mereka bertempur di ajang sesungguhnya.

"Pertandingan bagus untuk kami. Apalagi saya bisa memberikan menit bermain selama 45 menit untuk para pemain. Timnas U-22 bermain baik dan memberikan perlawanan sengit. Hal ini memberi gambaran mengenai apa yang masih perlu kami lakukan sebelum uji coba melawan Papua Nugini," ujar Ong Kim Swee.

Pada Senin (14/11/2016), timnas Malaysia akan menjalani uji coba terakhir melawan Papua Nugini sebelum memutuskan skuat final yang akan dibawa ke Yangon, Myanmar. Uji coba itu dimainkan di Stadion Shah Alam, Selangor.

Terkait finalisasi skuat, Ong Kim Swee dan tim pelatih juga punya pekerjaan rumah tidak ringan. Pasalnya, salah satu pemainnya yang beroperasi sebagai bek kiri, Ahmad Khuzaimi, mengalami cedera di uji coba melawan timnas Malaysia U-22. Sebelumnya bek Nashir Basharuddin sudah dipastikan absen di Piala AFF 2016, juga karena cedera. 

Sejauh ini tim pelatih masih menunggu pemeriksaan tim dokter atas cedera Ahmad Khuzaimi, namun Ong Kim Swee berujar timnas Malaysia masih punya Ronny Harun, Matthew Davies, dan Rizal Ghazali yang bisa bermain di posisi itu selain Nazirul Naim yang memang berposisi sebagai bek kiri.

"Ada kemungkinan saya akan memanggil pemain baru lagi, tapi saya harus membahas hal ini dengan tim pelatih terkait siapa yang akan dipanggil. Ada beberapa pemain di timnas U-22 yang menarik, dan jika pemanggilan pemain baru perlu dilakukan, saya akan memanggil dari skuat U-22," kata Ong Kim Swee seperti dikutip di Utusan Malaysia, Sabtu (12/11/2016).

 

 

Video Populer

Foto Populer