Sukses


Filipina Siapkan Transport Murah buat Fans di Piala AFF 2016

Bola.com, Manila - Keluhan timnas Filipina soal minimnya dukungan dari fans direspons Federasi Sepak Bola Filipina (PFF). Dalam keterangannya, PFF akan membantu menyediakan bus, pergi-pulang, untuk para suporter yang akan menuju venue pertandingan penyisihan Grup A Piala AFF 2016 di Philippine Sports Stadium, Bocaue, Bulacan.

Sebelumnya, para penghuni skuat Filipina sempat meminta masyarakat mendukung mereka, terutama di Piala AFF 2016, setelah melihat dalam beberapa partai resmi maupun laga persahabatan sepanjang tahun ini minim penonton. Philippine Sports Stadium yang hanya berkapasitas 20 ribu penonton tak pernah penuh.

Bila ditelisik lebih jauh, minimnya dukungan itu berasal dari tidak ramahnya Philippine Sports Stadium dengan transportasi publik. Hal itu dikarenakan transportasi lokal tidak mencapai lokasi terdekat dengan venue.

Para suporter yang menggunakan transportasi umum hanya bisa mencapai Stasiun LRT Balintawak, yang jaraknya masih terbilang jauh dari stadion. Untuk sampai ke stadion, dibutuhkan usaha ekstra. 

Keluhan juga disampaikan suporter yang datang menggunakan mobil pribadi. Area parkir yang luas di seputaran Philippines Sports Arema, di mana Philippine Sports Stadium jadi salah satu bagiannya, membuat fans harus berjalan kaki lumayan jauh.

Mereka sebelum ini sudah meminta pengelola menyiapkan kendaraan ulang alik untuk menjemput mereka, namun belum ada respons. Alhasil, suporter malas mendukung timnas Filipina bertanding karena kendala-kendala itu.

Menyikapi hal itu, Sekjen PFF, Ed Gastanes, mengungkapkan bila pihaknya akan menyiapkan bus untuk mengangkut para calon penonton. Bus akan beroperasi mulai Trinoma Mall di Quezon City langsung menuju Philippine Sports Stadium.

"Kami mengoperasikan bus-bus. Pada beberapa waktu lalu, biaya yang dikenakan biaya 300 peso tapi sekarang turun jadi 55 peso (sekitar Rp 15 ribu)," ujar Ed Gastanes seperti dikutip di Spin, Selasa (15/11/2016).

Biaya itu terbilang murah karena perjalanan dari Quezon City menuju Ciudad de Victoria ditempuh dalam kisaran waktu 45-60 menit dari Quezon City. Ed Gastanes menyebut bila kebijakan ini sebagai jawaban atas keluhan para fans itu, juga para pemain timnas.

"Saya akui, saya menerima banyak sekali telepon dari fans dan kelompok suporter. Itulah mengapa kami mencoba mengatasi persoalan terkait lalu lintas dan transportasi publik," kata Gastanes.

Hanya, belum diketahui apakah kebijakan transportasi publik murah ke lokasi pertandingan ini juga berlaku untuk fans lawan ataukah hanya untuk pendukung tim tuan rumah.

Selain mencoba memanjakan suporter dengan transportasi murah menuju venue, PFF sudah berupaya membuat nyaman seluruh kontestan Piala AFF 2016. Seluruh tim ditempatkan di Hotel Novetel, juga di kawasan Quezon City.

"Kami akan menyediakan bus dan pendamping buat mereka. PFF juga punya keamanan internal. Mereka akan membantu kami dalam mengatur semuanya," ucap Gastanes.

 

 

Video Populer

Foto Populer