Sukses


Tampil Necis, Timnas Singapura Siap Menerkam di Piala AFF

Bola.com, Singapura - Mengenakan jas rapi dan necis, dengan dasi abu-abu serta hem biru muda, skuat Singapura yang berjulukan The Lions, siap menerkam lawan-lawan di Piala AFF 2016. Timnas Singapura yang akan bertempur di Grup A Piala AFF 2016 bertolak dari Singapura menuju Filipina pada Rabu (16/11/2016).

Skuat asuhan pelatih V. Sundramoorthy ini berangkat dengan optimisme tinggi kendati hasil uji coba selama ini disebut tidak meyakinkan. The Lions hanya sekali mengecap kemenangan dari tujuh uji coba atau laga persahabatan resmi resmi sejak Juli, sisanya lima kali kalah dan sekali imbang.

Dari tujuh uji coba itu, Khairul Amri dkk. hanya mengoleksi tiga gol dan kebobolan 12 gol. Beruntung, Singapura mendapatkan kemenangan yang dibutuhkan sebelum berangkat ke Filipina. Pada uji coba terakhir, 13 November 2016, timnas Singapura mengalahkan Kamboja 1-0.

Meski menang dengan skor tipis, kemenangan itu sangat dibutuhkan untuk mendongkrak moral dan percaya diri pemain. Setidaknya, kemenangan itu mengakhiri hasil buruk pada enam uji coba sebelumnya.

Skuat The Lions pun berangkat ke Yangon dengan lega, kendati saat ini mereka berjuang dengan status underdog alias tidak diunggulkan. Padahal, timnas Singapura adalah pemegang empat kali gelar juara Piala AFF.

"Setiap kali kami ada di turnamen, kami selalu jadi underdog dan tidak ada seorang pun yang menjagokan kami. Kami tahu bagian terberat adalah lolos dari penyisihan grup. Kami harus fokus pada setiap pertandingan, karena begitu Anda lolos dari fase penyisihan grup, ada peluang bagus bisa memenangi turnamen," tutur Daniel Bennett, pemain paling senior di timnas Singapura, seperti dikutip di Today, Rabu (16/11/2016).

Hal sama disampaikan kiper senior, Hassan Sunny. "Saya yakin kami tim pertama yang tiba di Manila dan hal ini menurut saya bagus karena kami punya waktu lebih untuk beradaptasi dengan cuaca, makanan, dan lingkungan di sana. Hal ini menunjukkan betapa seriusnya kami dalam turnamen ini. Kami juga sudah tidak sabar bertanding. Meski harus menghadapi lawan berat, kami percaya diri," ujarnya. 

Di Piala AFF 2016, timnas Singapura "hanya" dibebani target lolos ke semifinal. Sang pelatih, V.Sundramoorthy, menegaskan skuatnya sudah siap mewujudkan target itu kendati nada sumbang menghiasi selama masa persiapan. Pelatih 51 tahun itu yakin Hariss Harun cs. akan bangkit dan memperlihatkan terkaman pada sang lawan di turnamen nanti.

"Target kami masih (lolos) ke semifinal. Kami akan meraihnya dengan percaya diri dan berjuang mewujudkannya. Saya yakin dengan perpaduan pemain muda dan berpengalaman di tim. Kami banyak diremehkan dan satu-satunya yang bisa dilakukan adalah bangkit dan memperlihatkan bila kami mampu meraih hasil bagus," tegas V. Sundramoorthy.

 

Video Populer

Foto Populer