Sukses


Rilis Skuat Final, Thailand Siapkan 2 Skema Populer di Piala AFF

Bola.com, Bangkok - Kurang dari 24 jam seusai menjamu Australia di kualifikasi Piala Dunia 2016, Selasa (15/11/2016) malam, Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) merilis 23 pemain timnas Thailand yang akan tampil di Piala AFF 2016. 

Pelatih timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang, menegaskan tidak ada anak emas dalam timnya sehingga pemilihan pemain murni didasarkan pada kebutuhan tim dan kualitas pemain.

Salah satu yang jadi kejutan adalah masuknya nama Charyl Chappuis dalam rombongan. Pasalnya, pemain Thailand berdarah Swiss itu sempat terpental dalam timnas Thailand, sebelum akhirnya dipanggil kembali dalam pemusatan latihan pada akhir Oktober lalu dengan status sebagai cadangan.

Seperti dilansir dari The Nation, Rabu (16/11/2016), Kiatisuk menegaskan akan kembali menggunakan sistem empat pemain belakang dalam upaya mempertahankan gelar juara yang diraih dua tahun lalu.

Hal itu terkait keputusan Kiatisuk bermain dengan tiga bek saat menjamu Australia di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup B Zona Asia, Selasa (15/11/2016) malam. Pada laga kelima di kualifikasi Piala Dunia itu Thailand kebobolan dua gol lewat penalti hingga skor 2-2. Padahal, The War Elephants sempat memimpin 2-1.

"Kami punya tiga formasi yang bisa dipilih saat ini. Tapi, saya pikir kami akan memakai formasi 3-4-1-2 yang lebih akrab untuk lima pertandingan di sisa kualifikasi Piala Dunia 2018, yang dilanjutkan tahun depan," ujarnya.

"Sementara untuk menghadapi lawan dari negara ASEAN, kami akan menggunakan skema 4-2-3-1 atau 4-3-3, formasi yang lebih populer. Kami bisa lebih efisien, ofensif sekaligus defensif. Yang lebih penting, setiap pemain yang ikut ke Filipina sudah punya pengalaman bertanding internasional," imbuh pelatih yang mantan striker timnas Thailand era 90-an itu.

Kiatisuk mengungkapkan keputusan itu, bermain dengan dua bek tengah, diambilnya setelah berdiskusi dengan para asistennya. Salah satu penyebabnya karena ia harus meninggalkan Nattapon Malapun dan lebih memilih bek tengah, Koravit Namwiset.

"Saya sudah bicara Nattapon dan dia gembira dengan kesempatan bermain saat melawan Australia. Saya bilang padanya untuk menjaga diri dan mempertahankan kondisinya. Dia bisa memperkuat timnas Thailand lagi tahun depan," kata Kiatisuk Senamuang.

23 Pemain Timnas Thailand di Piala AFF 2016
Kiper: Kawin Thamsatchanan, Sinthaweechai Hathairattanakool, Chanin Sae-ear
Bek: Peerapat Notchaiya, Theerathon Bunmathan, Adison Promrak, Koravit Namwiset, Pravinwat Boonyong, Pratum Chuthong, Tanaboon Kesarat, Tristan Do
Tengah: Kroekrit Thaweekarn, Sarach Yooyen, Charyl Chappuis, Prakit Deeprom, Mongkol Tossakrai, Adul Lahsoh, Sarawut Masuk, Chanathip Songkrasin, Pokklaw Anan, Rungrath Poomchantuek
Striker: Siroch Chatthong, Teerasil Dangda

 

Video Populer

Foto Populer