Sukses


Timnas Filipina Kehilangan 2 Pemain Penting Jelang Piala AFF

Bola.com, Manila - Pukulan telak dialami timnas Filipina tiga hari jelang kick-off penyisihan Grup A Piala AFF 2016. The Azkals dipastikan tampil di turnamen sepak bola terbesar di ASEAN ini tanpa dua pemain berpengalaman, Javier Patino dan Daisuke Sato.

Kedua pemain itu batal bergabung dengan timnas Filipina di saat-saat akhir bukan karena cedera seperti halnya Irfan Bachdim di Timnas Indonesia. Seperti dilansir dari Sport Inquirer, Rabu (16/11/2016), kepastian itu disambut pahit oleh timnas Filipina.

Absennya Javier Patino, striker Filipina berdarah Spanyol, dianggap cukup memengaruhi lini depan The Azkals. Namun, kerugian lebih besar disebabkan dengan absennya Daisuke Sato.

Daisuke Sato, bek berdarah Jepang dari sang ayah itu, tampil prima di lini pertahanan timnas Filipina saat mengalahkan Kirgizstan 1-0 pada uji coba terakhir jelang Piala AFF (9/11/2016) di Rizal Memorial Stadium, Manila.

 

Selama beberapa tahun terakhir, terutama pada beberapa uji coba resmi jelang Piala AFF 2016, bek 24 tahun itu memang jadi pilihan utama Thomas Dooley, pelatih timnas Filipina, untuk mengawal lini belakang timnya.

Daisuke Sato bisa bergabung dalam uji coba karena pertandingan itu digelar sesuai kalender FIFA. Ia dibutuhkan klubnya hingga 17 Desember 2016.  "Mungkin bila PFF (Federasi Sepak Bola Filipina) mampu bernegosiasi untuk pelepasan saya, hal ini bisa berubah. Namun sekarang, sudah terlambat," kata Daisuke Sato.

Untuk menggantikan bek kelahiran Davao, Filipina itu, Thomas Dooley kemungkinan memasang Jeffrey Christiaens yang berposisi asli sebagai bek kiri atau Dennis Villanueva (gelandang bertahan) untuk berduet dengan Amani Aguinaldo di posisi bek tengah The Azkals.

Sementara untuk Javier Patino, kendati liga China sudah tuntas digelar, ia dikabarkan menjalin kesepakatan baru dengan Henan Jianye dengan kontrak senilai 5 juta dolar AS selama dua tahun.

Sumber yang bicara kepada Sports Inquirer mengungkapkan bila Javier Patino tidak ingin mengambil risiko cedera bila bermain bersama timnas Filipina karena hal itu bisa membatalkan kontraknya. "Uang hadiah di Piala AFF bahkan tak mampu mencukupi gaji satu bulannya," kata sumber itu.

 

Video Populer

Foto Populer