Sukses


Status Persebaya yang Belum Jelas Tak Pengaruhi Calon Investor

Bola.com, Surabaya - Terpentalnya pengesahan pemulihan status Persebaya di Kongres Pemilihan PSSI (10/11/2016) membuat masa depan Persebaya kembali kabur. Kendati begitu, calon investor Persebaya tidak terpengaruh dengan situasi ini. Mereka tetap menyokong Persebaya sepenuhnya.

Pernyataan itu disampaikan Direktur Pengembangan dan Bisnis PT Persebaya Indonesia, Kardi Suwito, Jumat (18/11/2016), di Surabaya.

"Kejadian di kongres kemarin tidak membuat investor mengurungkan niat untuk masuk. Mereka tetap memberikan dukungan penuh kepada kami," kata Kardi Suwito.

Terkait pengalihan saham PT PI oleh investor juga terus berjalan. Mekanisme pengalihan saham tersebut berbeda dengan upaya akuisisi yang dilakukan klub lain. Untuk pengalihan saham Persebaya, investor tidak membelinya atau hanya bersifat hibah.

Kendati dihibahkan, bukan berarti investor berhak menjual atau mengalihkan saham PT PI ke pihak lain. Sebab ada perjanjian yang disepakati oleh investor dengan pemilik saham PT PI terkait durasi pengelolaan serta mekanisme pengembalian saham PT PI kepada Koperasi Surya Abadi Persebaya (KSAP) yang dimiliki klub-klub internal Persebaya.

"Jadi investor tidak mengeluarkan biaya untuk membeli saham PT PI. Tapi, mereka yang membayar utang Persebaya dan mendanai kebutuhan Persebaya dalam kurun waktu tertentu. Juga ada kesepakatan soal durasi waktu mereka mengendalikan Persebaya, serta kapan mereka akan mengembalikan saham tersebut ke kami," tutur Kardi Suwito.

Dengan kesepakatan tersebut, investor tidak bisa membawa Persebaya keluar dari Surabaya atau menjual ke pihak lain. Sebab kesepakatan itu bersifat mengikat dan ada konsekuensi hukum jika dilanggar.

Saat ini pihak investor belum masuk ke Persebaya. Namun, mereka sudah membantu Persebaya dalam proses penyelesaian status Persebaya di PSSI, salah satunya dengan mengirimkan perwakilannya untuk bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Kardi Suwito menyatakan tim bentukan PT PI maupun investor sudah menyelesaikan konsep pengalihan saham tersebut. Tidak lama lagi proses pengalihan saham akan dilakukan. "Tinggal tunggu waktu saja karena semua sudah fix," ungkapnya.

Calon investor juga terus melakukan pendampingan terhadap Persebaya. Mereka juga terlibat dalam beberapa proses yang sedang dilakukan klub yang bermarkas di Jalan Karanggayam 1, Surabaya itu. Salah satunya dengan mendukung Persebaya saat melakukan uji coba dan acara-acara lainnya.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer