Sukses


Alfred Riedl Disarankan Mainkan Andritany saat Hadapi Filipina

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia mengawali kiprah di Piala AFF 2016 dengan kekalahan. Melawan Thailand, tim Merah Putih menyerah 2-4 pada laga di Philippine Sports Stadium, Bocaue, Bulacan, Sabtu (19/11/2016). Kritikan pun mengarah ke performa lini belakang termasuk kiper Kurnia Meiga.

Menghadapi tuan rumah Filipina, Selasa (22/11/2016), pelatih Alfred Riedl disarankan menurunkan Andritany Ardhiyasa di bawah mistar gawang. Masukan itu dilontarkan mantan kiper Timnas, Hermansyah.

"Saya tidak ingin menyalahkan Meiga. Namun dari segi mental dan performa, saya rasa Andritany lebih siap turun. Grafik performa dia di Persija Jakarta juga meningkat termasuk saat pelatnas," kata Hermansyah kepada Bola.com.

Hermansyah memiliki beberapa alasan mengapa menilai Andritany layak diturunkan melawan timnas Filipina. Kurnia Meiga dinilai sudah absen cukup lama karena cedera. Hal tersebut berpengaruh pada performa di lapangan dan mental bertanding.

 

Menurut Hermansyah, tidak mudah mengembalikan refleks seorang penjaga gawang pasca dihantam cedera. Apalagi, kiper Arema Cronus itu hanya sebentar mengikuti training center (TC) dan sekali beruji coba saat takluk 2-3 dari Vietnam (8/11/2016).

Mantan pelatih kiper Timnas U-19 itu menambahkan, menurutnya, performa Kurnia Meiga terlihat jelas saat Timnas Garuda tumbang dari Thailand. Hermansyah menilai beberapa kali Meiga terlihat salah posisi dan momentum untuk memotong bola lawan.

"Saya melihat saat melawan Thailand bukan penampilan Meiga seperti biasanya. Tidak banyak hal atau penyelamatan yang dia lakukan. Alfred harus berani membuat perubahan," ujar eks kiper Mastrans Bandung Raya itu.

Meski kalah di laga pertama, Hermansyah optimistis kans Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal masih terbuka. Laga kedua melawan tuan rumah harus dimaksimalkan dengan bermain disiplin.

"Filipina juga butuh kemenangan setelah seri melawan Singapura. Jadi, pelatih harus benar-benar meracik komposisi pemain Timnas Indonesia yang pas," tegas Hermansyah.

 

Video Populer

Foto Populer