Sukses


I Komang Putra: Andritany Lebih Siap Jaga Gawang Indonesia

Bola.com, Semarang - Timnas Indonesia harus menghadapi laga hidup mati melawan Singapura di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Jumat (25/11/2016). Jika gagal menang, skuat racikan Alfred Riedl harus angkat koper dari turnamen sepak bola terbesar se Asia Tenggara tersebut. Pelatih asal Austria itu disarankan banyak pihak untuk mengubah komposisi pemain.

Kritik tajam menghujam pada performa Kurnia Meiga di bawah mistar gawang saat menghadapi Thailand dan Filipina. Total enam gol dari dua laga sudah bersarang ke jala Timnas Indonesia. Penjaga gawang Arema Cronus itu dianggap belum menemukan penampilan terbaik usai diterpa cedera.

Mantan kiper Timnas di Piala AFF 2000, I Komang Putera, menilai sudah saatnya ada perubahan dengan memasukkan Andritany Ardhiyasa. Kiper Persija Jakarta itu dinilai lebih siap dari segi mental maupun performa.

"Enam gol dari dua laga seharusnya pelatih berani membuat perubahan dengan menurunkan Andritany. Kurnia Meiga belum kembali ke penampilan terbaik saat seperti sebelum cedera," ungkap Komang Putera kepada Bola.com.

Mantan bintang PSIS Semarang itu mengatakan, mental bertanding Kurnia Meiga dikhawatirkan juga terganggu mengingat dia sudah kemasukan setengah lusin gol. Untuk itu, Komang berharap Alfred Riedl berani membuat perubahan di sektor itu.

"Andritany selalu tampil bersama Persija dan tentu lebih teruji. Apalagi dia mengawal gawang Indonesia di tiga laga uji coba," kata dia.

Mantan kiper Timnas Indonesia lainnya, Hermansyah, menambahkan perlu adanya peningkatan dalam hal komunikasi antara penjaga gawang dengan lini belakang.

Hermansyah menilai beberapa kali komunikasi kiper dengan bek tidak berjalan mulus yang menyebabkan peluang bagi ujung tombak lawan. Hal tersebut terlihat dari gol pertama Filipina lewat kaki Misagh Bahadoran.

"Komunikasi harus dibangun dengan baik. Lantaran sering terlihat sama-sama menunggu, sehingga pertahanan Timnas Indonesia jadi longgar," tutur Hermansyah.

 

Video Populer

Foto Populer