Sukses


Widodo CP Berharap Alfred Riedl Turunkan Hansamu dan Manahati

Bola.com, Palembang - Pelatih Sriwijaya FC yang juga mantan striker Timnas Indonesia, Widodo Cahyono Putro mengapresiasi keberhasilan skuat Garuda menembus babak semifinal Piala AFF 2016.

Asisten Alfred Riedl pada Piala AFF 2016 dan 2014 ini juga memuji penampilan dua pemain muda, Manahati Lestusen dan Hansamu Yama, yang diturunkan pada pertandingan leg pertama melawan Vietnam, Sabtu (3/12/2016) di Stadion Pakansari, Bogor.

"Manahati dan Hansamu bisa tampil lepas walau harus bermain untuk pertama kalinya di leg pertama," kata Widodo.

Kendati begitu, menurut Widodo, Timnas Indonesia membutuhkan tambahan benteng yang lebih kukuh, yakni Fachrudin Wahyudi Aryanto. Fachrudin kembali tampil setelah absen pada leg pertama akibat hukuman akumulasi kartu kuning.

"Timnas tetap membutuhkan Fachrudin yang punya postur ideal untuk menahan serangan Vietnam yang akan banyak menggunakan bola-bola atas nantinya. Jadi Manahati bisa didorong sedikit kedepan sebagai jangkar di lini tengah untuk menjaga kedalaman permainan," jelasnya.

Widodo menambahkan, faktor lain yang lebih pentinga adalah mental. Vietnam tak hanya memiliki motivasi berlipat sehingga bakal main lebih militan. Mereka akan didukung oleh puluhan ribu suporter dan hal itu menjadi keuntungan buat mereka.

Widodo juga berpesan kepada para pemain supaya tetap mengontrol emosia dan jangan terpancing apabila menganggap kepemimpinan wasit tidak adil. Widodo melihat pada leg pertama di mana Timnas Indonesia beberapa kali mendapat keputusan yang tidak adil.

"Wasit dalam leg pertama sangat tegas memberi hukuman di kotak penalti. Jadi, pemain harus tetap berhati-hati," tegasnya.

"Terlepas dari apapun hasilnya nanti, saya pribadi sangat mengapresiasi hasil kerja Alfred Riedl dan tim. Melihat persiapan yang mepet, Timnas Indonesia lolos ke semifinal sudah luar biasa," tegasnya.

 

Video Populer

Foto Populer