Sukses


3 Kunci Timnas Indonesia untuk Tekuk Thailand Versi Kapten Persib

Bola.com, Bandung - Kapten Persib Bandung, Atep mengungkapkan tiga tips jitu agar Timnas Indonesia mampu mengatasi Thailand nanti. Menurut Atep, perjuangan Timnas Senior hingga saat ini patut diacungi jempol mengingat mereka sebelumnya tidak diunggulkan.

Namun, berkat berkat kerja keras dan pantang menyerah yang diperlihatkan tim besutan Alfred Riedl ini lolos ke babak final setelah sebelumnya mengkadaskan tim-tim favoriot seperti Fhilipina, Singapura dan Vietnam.

Indonesia akan menjamu Thailand di leg pertama babak final Piala AFF 2016 yang akan dihelat di Stadion Pakansari, Cibonong, Kabupaten Bogor, Rabu (14/12/2016) mendatang.

Lantas apa tiga hal yang dikatakan Atep agar Indonesia mampu mengatasi Thailand nanti.

1. Militan

Menurut pemain kelahiran Cianjur, militansi permainan dari skuat Garuda  menjadi momok paling menakutkan bagi lawan-lawannya. Hal ini pula yang menjadi salah satu poin penting yang mengantarkan Timnas Indonesia melewati rintangan-rintangan sejak babak penyisihan Grup A hingga lolos ke final.

"Yang harus dipertahankan dan diperlihatkan pada pertandinagn melawan Thailand adalah militan dalam bertanding. Mereka sejak babak penyisiahan tidak menyerah terus melakukan tekanan dengan bermain tak kenal lelah. Ini salah satu yang harus ditunjukkan pada pertandingan melawan Thailand nanti," kata Atep kepada Bola.com.

 

2 dari 3 halaman

Kekalahan di babak penyisihan harus dijadikan pelajaran

2. Kekalahan di babak penyisihan harus dijadikan pelajaran

Mengalami kekalahan dari tim yang sama pada babak penyisihan grup, menurut Atep bukanlah akhir dari segalanya, apalagi harus kalah mental sebelum pertandingan dimulai. Justru, kata Atep, pernah melawan Thailand dalam babak penyisihan merupakan sebuah keuntungan bagi Indonesia.

"Setidaknya, Timnas Indonesia sudah memahami karakter bermain Thailand dan juga tahu bagaimana Thailand bermain. Meski kalah, tapi sebagai catatan Indonesia sukses menyarangkan dua gol. Jadi, kita mampu menembus pertahanan mereka," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Jangan panik

3. Jangan panik saat diserang

Atep mengatakan, dari beberapa pertandingan terakhir lini pertahanan Timnas Indonesia sudah menunjukkan kinerja yang sangat bagus. Mereka tidak panik saat mendapat serangan cepat saat bersua Vietnam. Hal ini menjadi sebuah keuntungan lainnya karena dengan tidak panik, kecil kemungkinan pemain lawan bisa memanfaatkan celah untuk mencetak gol.

"Kinerja lini belakang sudah membaik, yang penting mereka tidak panik saat diserang balik atau mendapat serangan cepat. Saya yakin Indonesia bisa mengatasi Thailand, selamat berjuang buat teman-teman, termasuk Zulham Zamrun dan Yanto Basna semoga mampu memberikan yang terbaik untuk bangsa," kata Atep mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer