Sukses


Fakta Menarik 12 Gol Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2016

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia tak hanya mencapai partai puncak Piala AFF 2016. Skuat Garuda juga memiliki rekor unik soal mencetak gol dalam ajang dua tahunan Asia Tenggara.

Thailand boleh saja jadi tim tersubur dengan torehan 13 gol hingga laga final leg pertama. Namun, sebaran gol Thailand tidak lebih baik dari Timnas Indonesia. Indonesia mencetak 12 gol hingga leg pertama final, tapi sebaran gol pemain Indonesia lebih merata.

Pemain Indonesia dari semua lini, mulai bek, gelandang, pemain sayap, dan striker, semuanya mencetak gol. Dari pemain lini depan, kapten Boaz Solossa membukukan tiga tiga gol, satu di antaranya dari titik penalti. Sementara Lerby Eliandry mengoleksi satu gol. Dari sektor gelandang, Stefano Lilipaly mengoleksi dua gol dan Manahati Lestusen satu gol. 

Andik Vermansah dan Rizky Rizaldi Pora sebagai andalan di sektor sayap masing-masing sudah mencetak satu gol. Dari lini belakang, para bek juga tak kalah. Fachrudin Aryanto dan Hansamu Yama jago dengan sundulan mereka. Fachrudin mencetak satu gol, sementara Hansamu Yama mengoleksi dua gol.

Sementara di Timnas Thailand, mereka terlalu dominan di lini depan. Teerasil Dangda sejauh ini menjadi pencetak gol terbanyak turnamen dengan torehan enam gol. Empat di antaranya dicetak saat Thailand menghadapi Timnas Indonesia di babak penyisihan grup dan final leg pertama.

Tujuh gol Thailand yang lain dicetak oleh pemain sayap Sarawut Masuk (3 gol), gelandang Chanatip Songkrasin, lalu dua bek sayap kiri Theerathon Bunmathan dan Peerapat Notchaiya yang masing-masing mencetak satu gol.

Bila dipersingkat, 13 gol Thailand dicetak oleh lima pemain, sementara 12 gol Timnas Indonesia sebarannya lebih merata, yakni dicetak oleh delapan pemain. 

Yang menarik, Timnas Indonesia punya bek yang juga jago mencetak gol. Dari dua bek tengah, Indonesia menghasilkan tiga gol. Fachrudin mencetak gol perdana di timnas ke gawang Filipina (22/11/2016).

Sementara Hansamu menjadi pemecah kebuntuan Indonesia saat bersua Vietnam pada leg pertama semifinal (3/12/2016) dan gol kedua jadi penentu kemenangan Indonesia atas Thailand pada leg pertama babak final (14/12/2016).

Dari semua kontestan Piala AFF 2016, hanya bek Timnas Indonesia yang mencetak lebih dari dua gol. Satu-satunya pesaing Fachrudin dan Hansamu adalah bek Myanmar, Zaw Min Thun, yang mencetak satu gol.

Sebaran gol Piala AFF 2016 hingga leg pertama final:

Thailand (13 gol): Teerasil Dangda (6), Sarawut Masuk (3), Chanatip Songkrasin, Theerathon Bunmathan, dan Peerapat Notchaiya (1 gol)

Indonesia (12 gol): Boaz Solossa (3), Stefano Lilipaly (2), Hansamu Yama (2), Fachrudin Aryanto, Manahati Lestusen, Andik Vermansah, Rizky Rizaldi Pora, Lerby Eliandry (1).

Vietnam (7 gol): Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet (2), Nguyen Trong Hoang, Vu Minh Tuan, dan Vu Van Thanh (1).

Myanmar (5 gol): Aung Thu, Zaw Min Tun (2), David Htan (1).

Kamboja (4 gol): Chan Vathanaka (2), Chrerng Polroth, Sos Suhana (1).

Malaysia (3 gol): Mohd. Amri Yahyah (2), Syazwan Zainon (1)

Filipina (2 gol): Misagh Bahadoran, Phil Younghusband (1)

Singapura (1 gol): Khairul Amri

Video Populer

Foto Populer