Sukses


Thailand Belum 100 Persen, Timnas Indonesia Harus Lebih Militan

Bola.com, Makassar - Sukses Timnas Indonesia menekuk Thailand 2-1 pada leg pertama Final Piala AFF di Stadion Pakansari Cibinong, Rabu (14/17/2016) mendapat apresiasi dari Robert Alberts, pelatih PSM Makassar.

Menurut pelatih asal Belanda ini, semangat dan militansi yang diperlihatkan skuat merah putih sangat luar biasa. "Mereka mampu menciptakan atmosfir yang bagus di Stadion Pakansari. Saya juga turut senang dengan kemenangan ini," ujar Robert usai latihan reguler PSM di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Jumat (16/12/2016) pagi.

Meski begitu, Robert merasa perlu mengingatkan bahwa kemenangan hanya 'modal kecil' buat timnas saat dijamu Thailand pada pertemuan kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016).

Di mata Robert, apa yang ditampilkan skuat Kiatasuk Senamuang di Stadion Pakansari masih dibawa standar permainan mereka. Dimata Robert, permainan taktis dan kerjasama tim ala Thailand sangat jarang terlihat di Stadion Pakansari.

"Mereka tidak bermain seperti saat mengalahkan Indonesia di penyisihan grup dan dua kali menekuk Myammar di semifinal," papar Robert.

Karena itu, Robert menegaskan kemenangan 2-1 Indonesia atas Thailand belum berarti apa-apa. Apalagi, Thailand hanya butuh menang 1-0 untuk meraih gelar kelima pada turnamen sepak bola antarnegara Asia Tenggara ini.

"Kalau Thailand bermain seperti saat mengalahkan Myanmmar 4-0, Indonesia harus tampil dua kali lebih baik dibandingkan pada pertemuan pertama," tutur Robert.

Meski begitu, Robert mengaku berharap Indonesia bisa mengimbangi Thailand seperti yang mereka lakukan sewaktu menghadapi tuan rumah Vietnam di semifinal.

"Gelar juara Piala AFF akan sangat berarti buat perkembangan sepak bola Indonesia ke depan. Karena di mata saya potensi pemain Timnas Indonesia termasuk yang terbaik di Asia Tenggara," tutupnya.

Video Populer

Foto Populer