Sukses


7 Pemain Asing Terbaik Persib Bandung

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung dari masa ke masa telah merekrut pemain asing. Mereka tak hanya memberikan kontribusi bagi tim, tapi juga meninggalkan kesan baik ketika meninggalkan klub.

Tahun 2014 adalah tahun emas bagi Persib. Persib meraih gelar juara ISL 2014 setelah mengalahkan Persipura Jayapura pada partai final melalui adu penalti 5-3 (2-2). Pada partai final, dua pemain asing yang meninggalkan kesan manis hingga sekarang adalah Vladimir Vujovic dan Makan Konate.

Vujovic sampai saat ini masih berada di Persib, sementara Makan Konate urung bergabung karena mengalami cedera. Dari masa ke masa, berikut bola.com merangkum tujuh pemain asing yang paling berkesan buat Persib Bandung.

1. Redouane Barkaoui

Penyerang asal Maroko, Redouane Barkaoui selalu melakukan selebrasi unik, yakni menari jaipong. Aksi Barkaoui memikat hati para bobotoh, hingga menjelang musim 2007, bobotoh mendesak pelatih Arcan Iurie untuk mempertahankan Barkaoui, meski pada musim 2006 ia hanya mengemas lima gol akibat cedera yang kerap menghantui.

2. Sergio van Dijk

Sergio van Dijk adalah salah satu rekrutan terbaik Persib Bandung musim 2013. Striker berdarah Indonesia-Belanda mengemas 21 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak Persib. Torehan gol Sergio van Dijk hanya berselisih empat dari top scorer ISL 2013, Boaz Solossa. Sergio van Dijk kembali ke Bandung pada TSC 2016 dan mencetak 12 gol dari 23 penampilan.

2 dari 3 halaman

3, 4, 5

3. Lorenzo Cabanas

Lorenzo Guzman Cabanas Ayala, gelandang asal Paraguay jadi salah satu playmaker asing terbaik yang pernah dimiliki Persib Bandung. Dua musim berkostum Maung Bandung, Lorenzo mencetak 11 gol. Cabanas berhasil mencuri hati bobotoh dan pada 2013, Cabanas yang kembali ke negaranya mengungkapkan kerinduannya pada bobotoh lewat media sosial.

4. Patricio Jimenez

Bek tangguh asal Cile, Patricio Jimenez punya memori indah di Persib. Meski hanya bermain satu musim nama Pato melekat di hati bobotoh dengan aksinya yang menawan. Salah satunya, kala ia mencetak gol dari titik penalti dengan mata tertutup saat Persib berhadapan dengan Persijap Jepara pada babak 16 besar Copa Indonesia 2007. 

4. Sinthaweechai Hathairattanakool

Sintawecchai ‘Kosin’ Hattairatanakool gabung Persib Bandung pada tahun 2006. Saat itu statusnya adalah kiper Timnas U-23 Thailand. Kosin jadi istimewa buat Persib karena di Indonesia, klub jarang mengontrak pemain asing untuk posisi kiper. Kosin hanya satu musim di Persib pada Liga Indonesia 2006, tapi ia kembali ke Bandung pada ISL 2009/2010 dengan status pinjaman dari Chonburi FC.

3 dari 3 halaman

6 dan 7

6. Makan Konate

Makan Konate adalah salah satu gelandang serang asing terbaik yang pernah dimiliki Persib. Bergabung pada musim 2014, pemain asal Mali berkontribusi besar dalam pencapaian gelar juara ISL 2013 dan Piala Presiden 2015. Makan Konate mencetak 13 gol selama memperkuat Maung Bandung. Sayang, dia memilih hijrah ke Malaysia (T-Team) pada akhir 2015 akibat kompetisi Indonesia vakum.

7. Vladimir Vujovic

Vladimir Vujovic menjadi bagian dari Persib Bandung sejak musim 2014. Bek asal Montenegro yang dikenal lugas langsung merengkuh gelar juara ISL 2014 dan berlanjut ke juara Piala Presiden 2015. Vlado adalah pemain asing yang setia di Persib. Ia memilih bertahan di Bandung meski kompetisi vakum. Tak hanya itu, Vlado juga membuat buku berjudul Hati Biru, yakni tentang perjalanan kariernya hingga menemukan kecocokan di Persib.

Tujuh pemain tersebut punya keunikan yang meninggalkan kesan tersendiri di Bandung. Selain mereka, ada beberapa pemain asing terbaik di Persib, yakni Suchao Nutnum, Alejandro Tobar, Claudio Lizama, Hilton Moriera, Milijan Radovic, dan Christian Beckamenga. Tak lupa, dua penyerang naturalisasi, Cristian Gonzales dan Julio Lopez juga tampil menawan kala membela Persib Bandung.

Video Populer

Foto Populer