Sukses


PFF Dorong Klub Filipina Gelar Uji Coba dengan Tim Indonesia

Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) ingin melakukan kerja sama dengan negara ASEAN, termasuk Indonesia. Salah satunya mereka mendorong klub liga untuk beruji coba dengan klub Indonesia.

Saat ini, ada 12 klub yang tampil dalam kompetisi sepak bola tertinggi Filipina bertajuk United Football League dan Divisi I dan tujuh klub bertanding di Divisi II. Pertandingan uji coba atau turnamen pramusim adalah hal yang sangat cocok dan bagus untuk klub dari kedua negara saling berbagi ilmu.

"Sebenarnya akan sangat bagus apabila ada turnamen pramusim yang melibatkan semua negara ASEAN, jadi klub akan tahu sejauh mana mereka bersaing di level Asia Tenggara," kata Sekjen PFF, Atty Edwin Gastanes saat berbincang dengan Bola.com ketika gelaran Piala AFF 2016 di Filipina.

Namun, untuk merealisasikan hal tersebut, PFF baru sebatas mendorong klub UFL karena mereka tengah fokus pada peningkatan kualitas kompetisi. 

"Kalau melihat Indonesia dan Thailand, jumlah klub jauh lebih banyak. Animo juga bagus, maka kami akan sangat senang apabila ada kerja sama yang rutin dengan negara lain di Asia Tenggara," imbuhnya.

"Di Indonesia tantangan yang bagus buat klub Filipina adalah animo penonton, mereka akan merasakan tampil di depan ribuan penonton," imbuhnya.

Pada ajang Liga Champions Asia (LCA) 2017, Filipina mendapat jatah datu slot yang bermain di babak play-off, kemudian satu klub yang tampil di Piala AFC (babak penyisihan grup) dan satu klub lagi melalui play-off.

Tragisnya, Indonesia justru tidak ada wakil sama sekali dalam kedua ajang itu. Indonesia sebenarnya mendapat slot satu klub yang tampil di LCA melalui babak play-off, namun karena PSSI terlambat merespons surat AFC hingga waktu yang ditetapkan, tahun 2017 tak ada satu pun klub Indonesia yang tampil di level Asia.

Video Populer

Foto Populer