Sukses


3 Pemain Andalan Timnas Indonesia di Piala AFF Futsal 2016

Bola.com, Jakarta - Timnas Futsal Indonesia akan menjalani Piala AFF Futsal 2016 yang digelar pada 23 hingga 29 Januari 2017 di Bangkok, Thailand. 17 pemain futsal Indonesia dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, mulai 27 Desember 2016 hingga 11 Januari 2017. Dari ke-17 pemain itu, ada sejumlah pemain senior yang diprediksi jadi kunci permainan tim.

Timnas Futsal Indonesia tergabung di Grup B bersama Myanmar, Malaysia, dan Laos. Sementara di Grup A, tim tuan rumah Thailand hanya akan menghadapi dua rival, Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Dalam 12 edisi penyelenggaraan Piala AFF Futsal, Timnas Futsal Indonesia pernah satu kali mengangkat trofi juara, yaitu pada 2010. Piala AFF Futsal 2016 jadi kesempatan Timnas Futsal Indonesia untuk bisa mengangkat trofi juara futsal di Asia Tenggara itu untuk kedua kalinya.

17 pemain futsal Indonesia mengikuti pemusatan latihan dan akan melakukan lima laga uji coba dengan tim-tim lokal di Jakarta setelah 11 Januari 2017. Dari 17 pemain yang dipanggil, 10 di antaranya adalah pemain yang tergolong baru dalam hal pengalaman memperkuat Timnas Indonesia.

Dari tujuh pemain senior yang ada di dalam Timnas Futsal Indonesia kali ini, masih ada nama Jailani Ladjanibi yang sudah 11 tahun lebih berada di Timnas Futsal Indonesia. Nama Bambang Bayu Saptaji yang jadi idola futsal Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, diprediksi tetap jadi pemain penting Timnas Futsal Indonesia di Thailand.

Lantas, siapa saja pemain penting yang dimiliki Timnas Futsal Indonesia untuk mengejar gelar juara Piala AFF Futsal 2016? Bola.com mengulas tiga pemain. Berikut daftarnya: 

 

2 dari 4 halaman

Bambang Bayu Saptaji

Flank andalan Vamos Mataram ini sudah memiliki cukup pengalaman dalam membela Indonesia di level internasional. Sejak 2012, Bayu sudah masuk Timnas Futsal Indonesia dan bahkan sempat memperkuat tim asal Tiongkok, Dalian Yuan Dinasty.

Pemain futsal berusia 24 tahun ini dikenal memiliki teknik individu dan kecepatan untuk mengecoh lawan serta menerobos pertahanan lawan. Bayu menjadi salah satu pemain penting dalam Timnas Futsal Indonesia dalam persiapan menuju Piala AFF Futsal 2016.

Peran penting itu juga diperlihatkan Bayu Saptaji saat tampil di CFA International Futsal Tournament di Tiongkok pada Agustus 2015. Dalam tiga pertandingan yang dijalani Timnas Futsal Indonesia di turnamen tersebut, Bayu Saptaji sukses mencetak empat gol.

Di level klub, Bambang Bayu Saptaji pekan lalu mengantar Vamos Mataram menjadi juara dalam turnamen 6th Anniversary Siliwangi Futsal Center. Gol pamungkas Bayu Saptaji membawa Vamos sukses mengalahkan Biangbola di pertandingan final turnamen tersebut dengan skor 5-4.

Pengalaman Bayu di Tiongkok dan sejumlah klub futsal Indonesia membuat Bambang Bayu Saptaji akan menjadi pemain yang harus diwaspadai para pemain Malaysia, Myanmar, dan Laos di Piala AFF Futsal 2016.

3 dari 4 halaman

Jailani Ladjanibi

Anchor senior dalam dunia futsal Indonesia ini juga kembali dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Futsal Indonesia setelah Piala AFF Futsal 2016 dipastikan digelar mulai 23 Januari 2016. Kapten Timnas Futsal Indonesia ini adalah pemain paling berpengalaman di Timnas Futsal Indonesia saat ini. Ia pertama kali memperkuat Timnas Futsal Indonesia pada 2005.

Sosoknya sebagai kapten sekaligus pemain paling senior diharapkan bisa menjadi penyeimbang tim di lapangan dan teladan bagi para pemain muda yang baru bergabung dengan Timnas Futsal Indonesia pada 2016 ini, di luar lapangan. 12 tahun berada di Timnas Futsal Indonesia membuatnya bisa memenuhi kebutuhan tersebut di Timnas Futsal Indonesia.

"Sekalian memberi motivasi dan berbagi pengalaman kepada pemain junior di Timnas Futsal Indonesia ini. Semoga saya bisa berkontribusi dengan baik di dalam tim ini," ujar Jailani.

Jailani adalah salah satu pemain futsal Indonesia ternama yang menjadi andalan di IPC Pelindo dan Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Teknik individu dan kecepatan yang dimiliki pemain berusia 31 tahun itu sangat luar biasa. Pemain lawan kerap kerepotan ketika Jailani mulai "bergoyang" saat membawa bola menerobos pertahanan.

Kehebatan teknik individu yang dimilikinya membuat namanya sulit digantikan sejak usia 17 tahun. Rekan setimnya di IPC Pelindo, Yos Adi Wicaksono, berpendapat kemampuannya masih belum ada penggantinya, terutama untuk menjadi perwakilan negara di Timnas Futsal Indonesia.

4 dari 4 halaman

Andri Kustiawan

Pivot Timnas Futsal Indonesia ini memiliki julukan The Tractor. Kemampuannya dalam menjebol gawang lawan layaknya sebuah mesin yang menggiling tim lawan. Tampil luar biasa di liga dan mampu mencetak lebih dari 20 gol membuatnya kembali membela Timnas Futsal yang sudah dilakukannya sejak 2012.

Setelah kecewa karena Piala AFF 2016 sempat dibatalkan dan memilih melakukan refreshing di Bandung, kota asalnya, pemain yang akrab disapa Andrew itu siap tempur di Piala AFF 2016.

Pemain yang juga mendukung keberadaan pelatih asing untuk menangani Timnas Futsal Indonesia itu bisa menjadi ancaman besar bagi Malaysia, Myanmar, dan Laos di Piala AFF Futsal 2016.

Andrew memang hanya mencetak satu gol dari 13 gol Timnas Indonesia di CFA International Futsal Tournament 2016, tetapi kemampuan mencetak gol yang diperlihatkannya di level klub akan menjadi modal utama agar Timnas Indonesia bisa mewujudkan target juara di Thailand.

Begitu hebatnya kualitas Andrew di lapangan futsal sempat membuat salah satu legenda futsal Indonesia, Vennard Hutabarat, saat menangani tim Electric PLN menuliskan ajakan kepada Andrew melalui komentar di Instagram yang terbaca, "Sudah ditunggu sama listrik."

Dari tujuh pemain yang tergolong senior di Timnas Futsal Indonesia untuk Piala AFF Futsal 2016, bersama Bambang Bayu Saptaji, Andrew akan menjadi anutan yang sangat baik di lapangan bagi 10 pemain yang baru bergabung bersama tim pada 2016.

Video Populer

Foto Populer