Sukses


Sosok Hong Soon-hak di Mata Sutanto Tan

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta masih dihadapkan dengan masalah regulasi pembatasan usia pemain. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu masih memiliki empat pemain dengan usia di atas 35 tahun termasuk pemain asing asal Korea Selatan, Hong Soon-hak. Gelandang Persija, Sutanto Tan, pun bicara soal rekan setimnya di lini tengah Macan Kemayoran itu.

Regulasi pembatasan usia yang akan dilakukan di kompetisi 2017 belum benar-benar disepakati. Namun, PSSI berniat mencoba regulasi tersebut di Piala Presiden yang akan dimulai pada 31 Januari 2017. Setiap klub hanya boleh memiliki dua pemain dengan usia di atas 35 tahun.

Persija masih memiliki empat pemain dengan usia di atas 35 tahun yang dipertahankan untuk musim 2017. Keempat pemain itu adalah Bambang Pamungkas, Ismed Sofyan, Maman Abdurahman, dan Hong Soon-hak. Sebagai pemain asing, posisi Hong Soon-hak disebut-sebut menjadi yang paling tidak aman seandainya regulasi tersebut benar-benar digunakan.

Sutanto Tan, rekan Hong Soon-hak di lini tengah Persija, jadi pemain yang paling mendapatkan pengaruh dari keberadaan pemain asing asal Korea Selatan itu di skuat Macan Kemayoran. Pemain kelahiran Pekanbaru itu mengaku mendapat banyak pelajaran dari Hong Soon-hak selama memperkuat Persija.

"Soon-hak selama ini selalu mengajari saya dengan semua pengalaman yang dimilikinya. Ia sama seperti pemain senior lain, seperti Ismed Sofyan dan Bambang Pamungkas, yang selalu memberikan arahan kepada saya dan tidak pelit berbagi pengalaman," ujar Sutanto Tan.

Namun, ketika bicara soal kemungkinan Soon-hak hengkang dari Persija karena regulasi pembatasan usia yang diberlakukan PSSI, Sutanto Tan menolak untuk berkomentar. Pemain yang pernah berkiprah di Singapura itu hanya ingin menunggu Persija mengambil keputusan terbaik soal Soon-hak.

"Saya tidak bisa bicara apa-apa karena semua keputusan ada di PSSI. Untuk masalah Soon-hak saya serahkan semua kepada Persija karena saya tidak terlalu mengerti bagaimana baiknya terkait regulasi tersebut," lanjutnya.

Persija Jakarta sudah memulai latihan sejak Jumat (20/1/2017), tiga hari lebih cepat dari rencana awal, karena kepastian akan ikut dalam pertandingan pramusim, Trofeo Bhayangkara. Persija akan menghadapi Bhayangkara FC dan Arema FC di pertandingan yang akan digelar di Stadion Manahan Solo pada 29 Januari 2017.

 

Video Populer

Foto Populer