Sukses


Firman Utina Memendam Hasrat Memperkuat Dua Klub Besar Ini

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia pernah memiliki sosok gelandang hebat pada diri Firman Utina. Saat masih memperkuat Timnas Indonesia, Firman menjadi pemain penting di lini tengah pada era tahun 2001-2014.

Pada level klub, Firman pernah memperkuat sejumlah tim. Persma Manado, Persita Tangerang, Pelita Jaya, Arema Malang, Persija Jakarta, Sriwijaya FC dan Persib Bandung adalah klub yang pernah diperkuat Firman.

Pemain yang kini berusia 35 tahun itu merasakan sukses meraih gelar saat memperkuat Arema, Sriwijaya, dan Persib. Bersama Arema, Firman mendapatkan gelar Copa Indonesia 2005 dan 2006. Saat berkostum Sriwijaya, Firman meraih gelar juara Community Shield 2010 dan ISL 2012. Sedangkan ketika membela Persib, Firman merasakan gelar ISL 2014 dan Turnamen Piala Presiden 2015.

Meski sudah memperkuat sejumlah tim dan mendapatkan beberapa trofi, Firman rupanya pernah memendam hasrat untuk memperkuat dua tim besar di Indonesia. Tim tersebut adalah PSM dan Persipura.

"Saya belum pernah bergabung dengan PSM dan Persipura, yang merupakan tim besar di Indonesia. Dulu setelah meninggalkan Manado, saya memang punya keinginan untuk bermain di klub yang letaknya jauh dari Manado," kata Firman Utina.

Firman mengaku, sebetulnya sempat ada tawaran untuk memperkuat Persipura. Hal tersebut terjadi pada era tahun 2000-an. Ia tak menerima tawaran tersebut karena punya pertimbangan sendiri.

"Saat itu saya masih mau mencari pengalaman di klub yang jauh dari Manado. Saya punya keinginan memperkuat PSM, ke Persipura, lalu pulang ke Persma," ujar Firman.

Hanya saja, keinginan tersebut rupanya hingga sekarang belum terlaksana. Hasrat untuk pulang ke Manado dan membela Persma juga tak bisa kesampaian karena klub tempat Firman mengawali karier itu sekarang telah bubar.

Saat ini Firman Utina masih berstatus sebagai pemain Sriwijaya FC. Namun ia sudah memastikan akan memperkuat tim baru pada kompetisi musim depan.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer