Sukses


5 Fakta Menarik Pekan Pertama Piala Presiden 2017

Bola.com, Jakarta - Piala Presiden 2017 memasuki matchday kedua yang digelar mulai Kamis (9/2/2017) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, dengan pertandingan tim-tim Grup 1. Pada matchday pertama, tim-tim sudah bersaing ketat sehingga belum ada yang memenangi pertandingan dengan skor telak.

Matchday pertama langsung menyajikan partai-partai menarik, di antaranya Persib Bandung versus PSM Makassar, Bali United melawan Sriwijaya FC, dan laga berlangsung Rabu (8/2/2017) malam antara Madura United kontra Semen Padang yang berakhir 1-0 untuk tim Kabau Sirah.

Berikut ini Bola.com merangkum fakta-fakta menarik yang terjadi dalam matchday pertama babak penyisihan grup Piala Presiden 2017:

Pembukaan meriah dan vlog perdana Presiden Jokowi

Pembukaan turnamen digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Sabtu (4/2/2017). Pertandingan menarik antara PSS Sleman kontra Persipura Jayapura tidak hanya menyajikan kejutan tuan rumah mampu menahan juara TSC 2016. Menjelang pembukaan, Presiden Joko Widodo yang hadir membuat video blog (vlog) pertamanya.

Dari dalam stadion dengan latar belakang riuhnya fans PSS, Presiden Jokowi mengajak masyarakat Indonesia menyaksikan turnamen dan berharap sepak bola Indonesia maju.

Kejutan dari kasta kedua

Pada matchday pertama, tim-tim dari kasta kedua yang musim lalu tampil di Indonesia Soccer Championship B membuktikan bukan sekadar pelengkap. Setelah PSS Sleman menahan Persipura pada partai pembuka, PSCS Cilacap menumbangkan wakil Papua, Perseru Serui.

Walau dengan skor tipis 1-0, hasil ini di luar prediksi. PSCS yang menyandang gelar juara ISC B dihuni mayoritas pemain lokal asal Cilacap dan sekitarnya dan menambah dua pemain asing, Han Ji-ho dan Carlos Raul.

Aksi mengharukan Kurnia Meiga

Kurnia Meiga memakai jersey milik almarhum sang kakak, Achmad Kurniawan, saat menjalani pemanasan menjelang pertandingan Arema FC versus Bhayangkara FC, Mnggu (5/2/2017) di Stadion Kanjuruhan. Seragam milik sang kakak bernomor punggung 47 bertuliskan "sang legenda" sengaja dipakai Meiga untuk mengenang perjuangan AK di Arema.

Kurnia Meiga memakai seragam milik sang kakak saat pemanasan jelang laga Arema Vs Bhayangkara FC. (Bola.com/Iwan Setiawan)

2 partai panas

Dua partai panas langsung menjadi santapan para penikmat sepak bola Indonesia. Dari Grup 3, duel Persib Bandung versus PSM Makassar menjadi perhatian. Maklum, Persib merupakan juara bertahan dan PSM adalah tim yang paling gencar dalam perburuan pemain menjelang turnamen dan Liga 1. Duel yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Senin (5/2/2017), diakhiri dengan kemenangan Maung Bandung 1-0 lewat gol Vladimir Vujovid.

Partai sengit kedua adalah Madura United versus Semen Padang, Rabu (8/2/2017), di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan. Madura United dengan sederet bintang menghadapi ketatnya pertahanan Semen Padang dan efektivitas serangan tim Kabau Sirah yang memang tidak banyak melakukan perubahan skuat.

Kapten PSM, Willem Jan Pluim berebut bola dengan pemain muda Persib Bandung, Gian Zola dalam laga Grup 3 Piala Presiden 2017 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (6/2/2017). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Pelatih dadakan

Kejadian menarik dari Bali United adalah, berganti pelatih sehari menjelang pertandingan. Manajemen Bali United meresmikan Hans Peter Schaller sebagai pengganti Indra Sjafri yang ditunjuk melatih Timnas Indonesia U-19. Debut Hans menjadi pelatih Bali United langsung menghadapi tim tangguh Sriwijaya FC. Sempat unggul 2-1, Alberto Goncalves memaksa kedudukan berakhir sama kuat 2-2.

 

Video Populer

Foto Populer