Sukses


Bule Pencinta Sepak Bola Indonesia Kritik Jakarta soal Stadion

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta menjadi tim sepak bola asal ibu kota yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami kesulitan untuk menggelar laga kandang. Antony Sutton, seorang penggemar sepak bola Indonesia asal Inggris, mengkritik Jakarta sebagai sebuah kota yang lebih membutuhkan pusat perbelanjaan ketimbang stadion sepak bola.

Kritik Sutton tak lepas dari semakin minimnya stadion sepak bola berstandar nasional yang berada di Jakarta. Bahkan setelah diratakannya Stadion Lebak Bulus belum lama ini, hanya tinggal Stadion Utama Gelora Bung Karno yang memiliki standar baik untuk level internasional.

Namun, jauh sebelum Stadion Lebak Bulus dirubuhkan, Persija sudah kehilangan kandang dan harus bermain di SUGBK. Setelah kehilangan Stadion Menteng dan Lebak Bulus, Persija pun akhirnya kesulitan untuk mendapatkan izin bermain di SUGBK. Yang terbaru adalah karena stadion kebanggaan Indonesia itu harus direnovasi untuk keperluan Asian Games 2018.

Janji demi janji diberikan terkait pembangunan stadion sepak bola baru di Jakarta, salah satu yang paling terkemuka adalah Stadion BMW. Namun, proses pembangunan baru akan diteruskan saat ini setelah sempat tertunda karena permasalahan hukum.

Persija bahkan harus memainkan mayoritas pertandingan kandang mereka pada 2016 di Stadion Manahan, Solo. Kondisi tersebut pun membuat para pemain kelelahan karena jarak dan waktu tempuh membuat kondisi mereka tak maksimal. Bahkan rencananya Persija akan mencoba untuk menggunakan Stadion Patriot Bekasi untuk bisa menggelar pertandingan kandang pada 2017 agar tidak mengulang kondisi serupa.

Kesulitan Persija untuk bisa menggelar pertandingan di Jakarta pun direspons Sutton. Pria yang cukup terkesan dengan dukungan Jakmania terhadap ibu kota itu mengkritik Jakarta yang tampak tidak memperhatikan infrastruktur untuk tim asal ibu kota itu.

"Stadion Menteng sudah tidak ada, Stadion Lebak Bulus pun sudah tidak ada. Jakarta sepertinya tidak membutuhkan stadion untuk kota mereka ini. Saya melihat di Jawa Timur dan Kalimantan memiliki infrastruktur yang bagus untuk sepak bolanya. Tampaknya di Jakarta lebih butuh mal untuk berbelanja," kritik Sutton.

Mengenai diruntuhkannya Stadion Lebak Bulus, yang pernah menjadi kandang Persija Jakarta, danĀ akan dialihfungsikan untuk depo Mass Rapid Transit (MRT), Sutton mengaku tidak ada masalah. Namun, ia berharap akan ada stadion dengan level nasional di Jakarta. "Jika Anda membutuhkan transportasi umum, saya rasa itu bagus. Semoga akan segera ada pengganti Lebak Bulus," ujarnya.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer