Sukses


Indonesia Bersua Musuh Bebuyutan di Kualifikasi Piala AFC U-23

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 bersua Thailand, Malaysia, dan Mongolia di kualifikasi Piala AFC U-23 2018. Hasil itu sesuai pengundian grup yang dilakukan AFC di AFC House, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (17/3/2017).

Sebelum pengundian Indonesia berada di pot 2 bersama China, Vietnam, Myanmar, dan Laos.

Hasil undian membawa Indonesia ke Grup H bersama Thailand (unggulan kelima zona Asia Timur), Malaysia (unggulan ke-11), dan Mongolia (unggulan ke-16). Sementara Indonesia menjadi unggulan kedelapan di zona Asia Timur.

Buat Indonesia, pertemuan dengan Thailand dan Malaysia bukan hal baru meski ini terjadi di level kelompok usia, tidak timnas senior. Bahkan dua negara itu bisa disebut musuh bebuyutan Tim Garuda karena rekam jejak pertemuan selama ini. 

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-22 akan menjalani laga tandang ke Thailand karena negara Gajah Putih itu akan bertindak sebagai tuan rumah untuk Grup H. Kualifikasi Piala AFC U-23 2018 ini akan digelar pada 19-23 Juli 2017 secara serentak.

Kualifikasi Piala AFC U-23 2018 diikuti sebanyak 40 peserta yang terbagi dalam 10 grup. Lima grup untuk zona Asia Barat dan lima grup untuk zona Asia Timur sehingga setiap grup diisi empat tim.

10 tim juara grup dan lima runner-up terbaik berhak tampil di putaran final Piala AFC U-23 2018 yang digulirkan di China.

Pengecualian terjadi, yakni apabila China yang berada di Grup J, keluar sebagai juara grup atau masuk lima runner-up terbaik, posisinya akan digantikan tim keenam dalam daftar runner-up terbaik. Hal ini lantaran China berstatus tuan rumah putaran final sehingga apapun hasil yang dicatatkan di fase kualifikasi, tidak akan memengaruhi keikutsertaan mereka di putaran final.

Di sisi lain, sebelum tampil di kualifikasi Piala AFC U-23 2018 ini, Timnas Indonesia U-22 dijadwalkan akan mengikuti ajang Islamic Solidarity Games dan menggelar pemusatan latihan di Spanyol.

Berikut pembagian grup kualifikasi Piala AFC U-23 2018 Zona Asia Timur
Grup F: Australia, Myanmar, Singapura, Brunei Darussalam
Grup G: Korea Utara, Laos, Taiwan, Hong Kong
Grup H: Thailand, Indonesia, Malaysia, Mongolia
Grup I: Korea Selatan, Vietnam, Timor Leste, Macau
Grup J: Jepang, China, Kamboja, Filipina

*Keterangan: bertindak sebagai tuan rumah

 

Video Populer

Foto Populer