Sukses


Seruan untuk Bersatu dan Menjunjung Pancasila dari Bhayangkara FC

Bola.com, Jakarta - Hari ini, Kamis (1/6/2017), Bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Ajakan untuk terus menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara digelorakan kubu Bhayangkara FC.

Kapten Bhayangkara FC, Indra Kahfi, menegaskan bila Pancasila merupakan ideologi bangsa yang harus dijaga dan diamalkan setiap Warga Negara Indonesia tanpa kecuali.

"Saya sangat mengidolakan Bapak Proklamator RI, Ir Soekarno. Beliau mengatakan prinsip Kebangsaan, Internasionalisme, Mufakat, Kesejahteraan, dan Ketuhanan, lima bilangannya. Jadi, kelima dasar itulah kita mendirikan Negara Indonesia, kekal dan abadi. Semoga," tutur pemain yang juga anggota polisi dengan pangkat Bripka itu.

Di tengah isu intoleransi yang mencederai nilai keberagaman Bangsa Indonesia belakangan ini serta adanya keinginan mengeser Pancasila sebagai ideologi bangsa dari pihak-pihak terentu, Indra Kahfi mengharapkan setiap warga benar-benar menghayati Pancasila sehingga Indonesia akan tetap kuat, bersatu dalam keberagamaan baik budaya, bahasa, suku bangsa, hingga agama, dan tidak tercerai-berai.

"Di hari lahirnya Pancasila ini, saya hanya bisa sedikit berpesan kepada generasi muda bangsa agar benar-benar menghayati Pancasila. Saya sebagai pemuda Indonesia terkadang miris mendengar aksi-aksi kenakalan remaja yang banyak terjadi. Semisal, kekerasan, narkoba, dan lain-lain. Saya berharap pemuda Indonesia benar-benar menegakkan prinsip Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," ujar kakak kandung kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa itu.

Kapten tim Bhayangkara FC, Indra Kahfi, mengajak warga menjaga persatuan dan tetap menjunjung Pancasila sebagai dasar negara. (Bola.com/Dok. Bhayangkara FC)

Keinginan sama juga diapungkan Ikhfanul Alam. Bek Bhayangkara FC ini memiliki harapan, peringatan kelahiran Pancasila pada hari ini jadi momentum bagi Bangsa Indonesia untuk bersatu. "Jangan ada lagi perpecahan dan kerusuhan di Indonesia. Mari pupuk persatuan dan kesatuan bangsa," harapnya.

Selain kubu Bhayangkara FC, dukungan untuk tetap memegang teguh Pancasila sebagai ideologi bangsa juga disampaikan beberapa pesepak bola Indonesia dan jajaran pelatih lain. Semisal Ryuji Utomo, Bayu Pradana, Tony Sucipto, Bambang Pamungkas hingga pelatih Celebest FC, Rudy Eka Priyambada.

Dengan bangga mereka memasang seruan "Saya Indonesia Saya Pancasila!" menggunakan tagar Pekan Pancasila yang diunggah dalam akun-akun media sosial pribadi.

 

Video Populer

Foto Populer