Sukses


Inilah Republik Ceska yang Menjadi Lawan Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - Timnas Republik Ceska U-19 bukan lawan enteng bagi Timnas Indonesia U-19. Tim satu ini punya rekam jejak mentereng di daratan Eropa.

Ceska U-19 tercatat jadi runner-up Piala Eropa U1-19 edisi 2011. Mereka juga tiga kali jadi semifinalis pada edisi 2008, 2006, dan 2003.

Jelang tampil di Turnamen Toulon 2017, Rep Ceska melakoni Kualifikasi Piala Eropa U-19 2017 dengan rekor mentereng.

Mereka jadi juara grup mengkandaskan Hungaria, Austria, dan Skotlandia. Rep. Ceska menyapu bersih tiga pertandingan. Putaran final turnamen bakal diselenggarakan pada 2-15 Juli 2017.

Rep. Ceska bakal nangkring di persaingan Grup A bersama tuan rumah Georgia, Swedia, dan Portugal. Turnamen Toulon 2017 jadi medium memanaskan mesin bagi.

Pelatih Jan Suchoparek memboyong pemain-pemain terbaiknya ke Prancis. Mayoritas di antaranya bermain di Liga Ceska dan Liga Slovakia.

Beberapa di antaranya sudah masuk tim junior klub-klub elite Eropa. Seperti misalnya penyerang, Michal Sadilek yang berkostum klub Belanda, PSV Eindhoven. Atau Roman Kasiar yang bermain di klub Jerman, SV Stuttgarter Kickers.

Negara yang satu ini secara kontinu melahirkan pesepak bola tenar dunia. Sebut saja Tomas Rosicky, Petr Cech, atau Jan Koller.

Turnamen Toulon 2017 dipakai para pemain muda Rep. Ceska sebagai etalase menjual diri ke klub-klub elite Benua Biru, mengingat banyak talent scouting berkeliaran memantau pertandingan-pertandingan turnamen legendaris yang satu ini.

Kematangan tim berkostum utama Merah-Putih sama dengan Indonesia ini terlihat pada laga perdana penyisihan Grup C Turnamen Toulon 2017 melawan Skotlandia U-20. Mereka menang 3-2.

Pada pertandingan yang dimainkan di Stadion d'Honneur Marcel Roustan, Prancis itu, Rep Ceska sempat tertahan 2-2 sebelum sang kapten tim, Martin Graiciar, menjadikan Ceska unggul 3-2 pada menit ke-65. Dua gol lain Rep Ceska dihasilkan lewat Ondrej Chveja menit ke-36 dan Ondrej Sasinka menit ke-46.

"Pertandingan yang sulit buat kami karena mereka lebih tua dibandingkan kami dan mereka sangat kuat. Mereka juga punya pemain-pemain bagus, salah satunya bermain bersama Leipzig di Bundesliga. Kami tahu pertandingan ini akan jadi laga sulit, tapi kami tidak berharap mencetak begitu banyak gol," kata Martin Graiciar seperti dikutip di situs resmi turnamen, Kamis (1/6/2017).

"Setelah pertandingan ini, saya bisa bilang kami bisa melakukan semuanya, kami ingin menang. Saya pikir kami cukup kuat, kami bisa memenangi lebih banyak pertandingan lagi," ujar penyerang FC Slovan Liberec di Liga I Ceska itu.

Timnas Indonesia U-19 pantas waspada karena setelah Skotlandia U-20, Rachmat Irianto dkk. yang akan jadi lawan Martin Graiciar cs. Tim Garuda Nusantara akan bersua Rep Ceska U-19 pada pertandingan kedua Grup C, Sabtu (3/6/2017) malam, di Stadion Stade Persemain, Prancis.

Bukan tugas ringan bagi Timnas Indonesia U-19 karena seperti disampaikan pelatih Skotlandia U-20, Scot Gemmil, Rep Ceska U-19 merupakan tim kuat. "Pertandingan level tinggi. Selamat untuk Rep Ceska, mereka tim yang sangat bagus. Kami juga mencetak gol dan menghasilkan peluang, tapi kecewa karena kebobolan tiga gol," katanya.

Jan Suchoparek, pelatih Timnas Ceska U-19, puas dengan kinerja anak-asuhnya. Ia amat percaya diri menyongsong pertandingan selanjutnya melawan Timnas Indonesia U-19. "Saya senang para pemain yang bekerja keras sepanjang pertandingan. Kami menunjukkan kualitas sesungguhnya kepada lawan. Saya berharap tren positif ini berlanjut pada laga-laga selanjutnya," kata pelatih Jan Suchopárek pertandingan seperti yang dilansir situs fotbal.cz.

2 dari 2 halaman

Komposisi Pemain

Skuat Rep. Ceska U-19:

Kiper: Martin Jedlicka (FK Pribram), Jan Plachy (FK Teplice)

Belakang: Frantisek Cech (FC Hradec Kralove), Denis Granecny (FC Banik Ostrava), Libor Holik
(MFK Karvina), Matej Chalus (FK Pribram), Alex Kral (FK Teplice), Daniel Marecek (AC Sparta Prague), Pavel Tkac (FC Slovacko)

Tengah: Filip Havelka (AC Sparta Prague), Michal Hlavaty (FC Viktoria Plzen), Ondrej Chveja
(FC Banik Ostrava), Ondrej Lingr (MFK Karvina), Jakub Rezek (FC Slovacko),  Michal Sadílek (PSV Eindhoven), Emil Tischler (FC Slovacko)

Depan: Roman Kasiar (SV Stuttgarter Kickers), Ondrej Novotny (AC Sparta Prague), Antonin Rusek (FC Zbrojovka Brno), Ondrej Sasinka (FK Senica)

 

Video Populer

Foto Populer