Sukses


2 Skema Andalan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 sudah siap tempur di Piala AFF U-15 yang dihelat 9-22 Juli 2017. Secara berurutan tim asuhan Fachry Husaini akan menghadapi Myanmar, Thailand, Australia, Laos, dan Singapura pada fase penyisihan turnamen.

Menghadapi laga-laga berat Piala AFF U-15, Fachry Husaini telah menyiapkan dua formasi baku. "Fokus utama transisi harus cepat. Kami bisa kembali bertahan dengan cepat ketika diserang, baik itu menggunakan formasi 4-3-3 maupun 3-5-2," kata Fachry. 

Pelatih yang mantan gelandang kharismatik Timnas Indonesia di era medio 1990-an juga mengatakan, ia sudah mengantongi beberapa alternatif skema permainan bila timnya menemui jalan buntu.

Fachry pun tak merasa khawatir Timnas Indonesia U-16 merupakan tim yang paling banyak disiarkan  televisi bila dibandingkan negara lain.

"Saya tidak masalah bila lawan mempelajari kami dengan video-video pertandingan sebelumnya. Sebab, Timnas Indonesia U-16 selalu bermain dengan formasi yang berubah-ubah, seperti yang kami lakukan di Vietnam," ujar Fachry.

"Kami juga tidak mengandalkan satu atau dua pemain,  di tim ini banyak pemainyang menonjol. Kalau permainan bola-bola pendek kami mengalami kebuntuan, saya sudah siapkan antisipasinya. Kami akan melakukan tembakan jarak jauh dari lini kedua," timpalnya lagi.

Selain Thailand yang berstatus tuan rumah, Australia tentu patut diwaspadai karena berstatus juara bertahan. "Australia? Kami belum pernah melawan mereka, tapi saya yakin mereka mengandalkan bola atas," kata Fachry.

"Australia pasti mengandalkan keunggulan fisik mereka dan kami sudah  siap meladeninya. Kami juga memanfaatkan kecepatan pemain sayap Timnas Indonesia U-16," ucap Fachry Husaini mengakhiri percakapan.

(Artikel asli ditulis Cakrayuri Nuralam/Defri Saefulloh/Liputan6.com)

Video Populer

Foto Populer