Sukses


PT LIB Akan Evaluasi 17 Pertandingan Liga 1 yang Bermasalah

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru akan mengevaluasi 17 pertandingan Liga 1 yang bermasalah hingga pekan ke-13. Pertandingan yang dievaluasi termasuk laga Madura United versus Persib Bandung, Minggu (9/7/2017) di Pamekasan.

Direktur Utama PT LIB, Berlington Siahaan, mengatakan, PT LIB berusaha meminimalkan kasus-kasus yang terjadi dan melakukan penyelesaian berdasarkan evaluasi. 

"Kami telah melakukan pertemuan dengan PSSI pada pertengahan Mei, intinya kami diberi wewenang untuk mengevaluasi perangkat pertandingan pada setiap pekan, lalu memberikan rekomendasi untuk dievaluasi PSSI," katanya.

Dalam evaluasi dengan PSSI, ada dua hal penting yang dibahas, yakni evaluasi wasit 10 perangkat pertandingan Liga 1 yang dihukum, dan 13 perangkat pertandingan di Liga 2.

PT LIB juga menyanggah menggelar evaluasi secara mendadak karena ada laporan dari klub tertentu. Menurut Berlington, tindakan yang dilakukan LIB adalah bagian dari transparansi setelah pertandingan.

"Kami secara bertahap untuk melakukan evaluasi berdasarkan laporan, termasuk kondisi lapangan, penonton, jadi tidak cuma perangkat pertandingan saja," kata dia.

Berdasarkan data yang masuk di PT LIB, hampir setiap pekan mereka menerima surat protes dari klub dengan berbagai macam keluhan. Keluhan tak hanya datang dari tim yang kalah, tapi juga ada dari tim yang memenangi laga.

"Itu hak klub untuk melakukan protes dan pasti akan ditindaklanjuti. Komdis menerima laporan dari match commisoner, dan apabila tidak ada laporan dari MC, tapi ada temuan di lapangan, maka MC yang akan mendapatkan hukuman," tambah Sekretaris PT LIB, Tigor Shalom Boboy.

Video Populer

Foto Populer