Sukses


8 Hal Menarik Tentang Kualifikasi Piala Asia U-23 2018

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 akan memulai kiprah mereka di Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 dengan meladeni Malaysia di Stadion Nasional, Bangkok, Rabu (19/7/2017).

Selain laga Tim Garuda Muda kontra Malaysia, 8 pertandingan kualifikasi di grup lain juga akan berlangsung pada hari yang sama dan dalam waktu yang cukup berdekatan. Hal ini turut menandai persaingan 40 tim wakil dari AFC yang ambil bagian untuk mendapatkan tiket ke putaran final pada tahun depan.

Di atas kertas, tim-tim kuat seperti Irak, Iran, Jepang hingga Korea Selatan diperkirakan tidak akan kesulitan untuk lolos ke putaran final. Kejutan justru sangat mungkin terjadi saat tim yang gagal jadi juara grup memperebutkan lima atau enam tiket untuk lolos ke putaran final.

Timnas Indonesia U-22 pun memiliki kans untuk melaju ke babak berikutnya lewat dua jalur tersebut. Hal ini lantaran tim asuhan Luis Milla berada dalam grup yang bisa dikatakan tidak terlalu berat bersama Mongolia, Malaysia, dan tuan rumah Thailand.

Sebelum melangkah lebih jauh untuk bicara peluang Timnas Indonesia U-22 lolos ke putaran final, Bola.com coba merangkum berbagai hal yang berkaitan dengan babak kualifikasi Piala Asia U-23 2018:

1. Babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 ini diikuti 39 dari 47 anggota AFC dan dibagi ke dalam dua zona yakni Barat dan Timur. Delapan tim yang tidak berpartisipasi adalah Bhutan, Maladewa, Pakistan, Yaman, Guam, Kepulauan Mariana Utara, Kuwait (sanksi), dan Srilanka (mundur)

2. Masing-masing juara grup (10 grup) pada babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2018 yang akan diikuti 16 tim. Lima tim lainnya akan ditentukan melalui jalur runner-up terbaik.

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik Kualifikasi Piala Asia U-23 2018

3. Kuota tim yang lolos lewat jalur runner-up terbaik akan bertambah jika China (tuan rumah Piala Asia U-23 2018) menjadi juara grup atau masuk daftar lima runner-up terbaik. Jika hal itu terjadi maka jumlah runner-up terbaik akan diperbanyak menjadi enam tim.

4. Putaran final Piala Asia U-23 2018 akan berlangsung di China, 9-27 Januari 2018. Sejauh ini empat kota yang akan menggelar putaran final Piala Asia U-23 adalah Kunshan, Changshu, Jiangyin, dan Changzhou.

5. Dua belas wakil dari Asia Tenggara seluruhnya berpartisipasi di Kualifikasi Piala Asia U-23 2018.

6. Satu-satunya grup yang sudah menggelar babak kualifikasi Piala Asia U-23 2018 adalah Grup D yang digelar di Uni Emirat Arab. Sedangkan pertandingan di sembilan grup lainnya akan serentak digelar pada 19 Juli mendatang.

7. Mundurnya Srilanka dari persaingan Grup A berimbas pada penghitungan poin. Hal ini dikarenakan jumlah peserta di setiap grup tidak lagi berjumlah masing-masing empat tim. Nantinya hasil setiap tim melawan tim yang posisinya di peringkat empat klasemen akhir tidak akan masuk dalam penghitungan poin.

8. Gelandang Timnas Indonesia U-22, Evan Dimas Darmono, masuk dalam daftar pemain yang diprediksi akan bersinar di Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 versi AFC. Evan bersanding dengan sembilan pemain lain yaitu Wei Shihao (China), Mehran Derakhshanmehr (Iran), Bashar Resan (Irak), Zabikhillo Urinboev (Uzbekistan), Riley McGree (Australia), Lalianzuala Changte (India), Koji Miyoshi (Jepang), Sami AL Naji (Arab Saudi), dan Lee Sang-min (Korea Selatan).

 

Video Populer

Foto Populer