Sukses


Widodo Cahyono Putro: Liga 1 Tak Hanya Butuh Sekadar Wasit Asing

Gianyar - Pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro mendukung rencana PT Liga Indonesia Baru menggunakan jasa wasit asing di putaran kedua Liga 1 2017. Bagi dia, sepanjang hal itu membawa perbaikan untuk sepak bola dalam negeri maka tak masalah.

Yang terpenting bagi Widodo adalah adanya transfer pengetahuan dari wasit asing dengan wasit lokal. Dengan demikian, hal-hal positif yang dimiliki wasit asing bisa ditularkan kepada wasit lokal.

"Semasa itu baik untuk sepak bola Indonesia ya saya, tidak masalah. Tapi sedapat mungkin berdayakan wasit lokal, sepanjang wasit lokal itu bisa memimpin dengan baik," kata Widodo pada Rabu (26/7/2017).

Di mata Widodo, seluruh aspek persepakbolaan nasional mesti dilakukan perbaikan, tak hanya dari sisi wasit belaka.

"Tentu yang perlu diperbaiki adalah semua yang ada di sepak bola kita, karena orientasi sepak bola kita adalah untuk Timnas Indonesia. Saya ingin ada pembelajaran di Liga ini yang berorientasi kepada timnas kita," tutur Widodo.

Widodo juga tak mempersoalkan jika PSSI hendak mengadopsi teknologi VAR (Video Asistant Referee/penggunaan video untuk asisten wasit). Sepanjang memungkinkan, Widodo menyambut baik hal itu.

"Penggunaan teknologi VAR itu juga penting. Kami berharap ke depan memang mengarah ke sana. Tapi terlebih dahulu kita lihat perangkat kita mencukupi tidak untuk penggunaan teknologi itu. Kalau memungkinkan boleh. Bagaimana misalnya jika VAR itu diterapkan dan digunakan di Serui. Di sana sinyal saja kadang-kadang susah," kata sang pelatih Bali United ini.

Video Populer

Foto Populer