Sukses


Asisten Pelatih Persib Jalani Jadwal Padat demi Lisensi A AFC

Bola.com, Bandung - Seusai menjalani kursus lisensi A AFC tahap pertama di Sawangan, Depok, Jawa Barat, asisten pelatih Persib Bandung, Herrie Setiawan, langsung memimpin Atep dkk. untuk melakoni laga tandang kontra Sriwijaya FC, Senin (4/9/2017) di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

Sebelum bertolak ke Palembang, Herrie Setiawan sedikit bercerita kepada Bola.com pengalamannya menjalani kursus lisensi A AFC dengan instruktur asal Kuwait, Bader Abdul Jalil, yang didampingi Sutan Harhara.

"Banyak pelajaran yang saya dapat di tahap pertama dari instruktur Bader asal Kuwait. Walau bagi saya sebagian besar itu bukan hal yang baru dan tidak terlalu sulit karena selama ini saya mendampingi pelatih berlisensi A AFC, jadi sedikit tahu, seperti bagaimana cara-cara melatih tim profesional," ujar asisten pelatih yang akrab disapa "Pak Jose" ini.

Herrie mengungkapkan ada 23 peserta kursus lisensi A AFC yang ada berasal dari tiga generasi, seperti Nova Arianto, Kurniawan Dwi Yulianto, Yeyen Tumena, Ponaryo Astaman, Putu Gede, Firmansyah, Tony Ho, Francis Wewengkang, Salahudin, Yusuf Ekodono, hingga Alexander Saununu, dan yang lain.

"Para peserta ini dibagi dalam kelompok. Kami praktek di lapangan, sebelumnya belajar dalam kelas mulai jam 09.00 WIB sampai sore. Jadi pagi sampai jam 14.30 WIB belajar di dalam kelas lanjut praktek di lapangan sampai jam 17.00 WIB," jelas Herrie.

Setelah melahap menu dengan praktek di lapangan, semua peserta diberi pekerjaan rumah oleh instruktur untuk menganalisis sebanyak enam pertandingan mulai pertandingan Liga Indonesia sampai pertandingan di Liga Inggris.

"Hasil analisis itu harus dipresentasikan di depan kelas dan diberi penilaian instruktur. Kemudian kami pun harus menyiapkan strategi dengan lawan-lawan yang punya berbagai macam formasi," lanjut Herrie.

Herrie menambahkan, kursus lisensi A AFC kembali dijalaninya, yakni untuk tahap kedua pada medio November sampai 1 Desember 2017 di tempat yang sama.

Disinggung berapa biaya yang harus dikeluarkan, pelatih yang selalu berpenampilan plontos ini tidak tahu menahu. "Saya tidak tahu siapa yang bayar, mungkin PSSI karena saya tiba-tiba dapat panggilan saja untuk menempuh lisensi A AFC," kata Herrie Setiawan sambil tersenyum.

Video Populer

Foto Populer