Sukses


Timnas Futsal Belum Dapat Lawan Uji Coba Jelang Piala AFF

Bola.com, Lombok - Timnas Futsal Indonesia hanya mendapatkan waktu selama lima pekan saja untuk mempersiapkan diri menghadapi persaingan keras Piala AFF Futsal 2017,yang akan berlangsung pada 24 Oktober-3 November 2017, di Ho Chi Minh City, Vietnam.

“Selama lima pekan kami menjalani latihan persiapan di Lombok. Di waktu yang amat terbatas fokus pelatih menata mental serta fisik para pemain untuk menjalani laga AFF Futsal 2017,” tutur Yori Van der Torren asisten pelatih Timnas Futsal Indonesia kepada Bola.com Senin (9/10/2017).

Timnas Futsal Indonesia tergabung di Grup A dalam Piala AFF 2017. Adapun penghuni Grup A antara lain tuan rumah Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Sementara itu di Grup B persaingan diramaikan oleh Thailand, Malaysia, Laos, dan Timor Leste.

Menanggapi persaingan Grup A, Yori tak merasa cemas. “Semua tim itu kami anggap sama, yang penting kami adalah keyakinan dan rasa percaya diri untuk mengalahkan mereka,” kata mantan pemain futsal untuk Liga Belanda itu.

Piala AFF Futsal 2017 dijadikan batu loncatan sebelum Tim Merah-Putih berlaga di Piala Asia Futsal U-20 2018 yang kemungkinan besar dihelat di Indonesia. Akan banyak pemain muda tampil di persaingan level Asia Tenggara nanti.

“Seluruh pelatih mempersiapkan para pemain Timnas Futsal ini semaksimal mungkin, agar mampu berbicara banyak di ajang Piala Asia Futsal U-20 pada bulan Maret 2018 mendatang,” lanjut Yuri.

Selain itu, Yori sangat menyayangkan persiapan Timnas Futsal Indonesia saat ini. “Sampai sekarang kami belum mendapatkan jatah untuk melakukan pertandingan uji coba melawan negara atau timnas manapun. Namun dengan latihan yang kami lakukan di Lombok ini, kami tetap yakin, kami mampu menembus empat besar,” tegas mantan pelatih SFC Planet Sleman.

Soal komposisi pemain yang akan tampil di Piala AFF Futsal nanti Yori Van der Torren mengedepankan kolektivitas. Sang mentor tak ingin ada ketergantungan Timnas Futsal Indonesia pada sosok tertentu. 

“Saya dan pelatih kepala Victor Hermans tidak membeda-bedakan para pemain. Semua pemain memilikikualitas yang bagus, tidak ada pemain yang paling menonjol sendiri, semua pemain sangatamenonjol kualitasnya menurut saya dan pelatih. Maka dari itu, kami sangat yakin dengan tim,” ucap Yuri. (Doni Andreas Sidabutar)

 

Video Populer

Foto Populer