Sukses


Pemain Arema Beri Sinyal Penurunan Motivasi

Bola.com, Malang, - Pelatih Arema FC, Joko ’Getuk’ Susilo, dapat pelajaran berharga pada pengujung Liga 1. Untuk kesekian kalinya dia tidak bisa maksimal memberikan program latihan karena masih banyak pemain yang absen dalam latihan rutin.

Kemarin misalnya, ada 10 pemain yang belum gabung latihan. Padahal akhir pekan ini, tim Singo Edan akan menjalani laga pamungkas di kandang melawan Semen Padang, Sabtu (4/11/2017).

"Ini pelajaran berharga bagi saya sebagai pelatih. Rasanya baru sekarang banyak pemain yang absen dalam latihan," kata Getuk.

Beberapa pemain tersebut absen karena beragam alasan. Kurnia Meiga masih sakit. Arthur Cunha berada di Jayapura setelah mengalami cedera pinggang. Sedangkan Dwi Kuswanto, Arif Suyono, Dedik Setiawan dan Dio Permana sakit demam.

Dua gelandang, yakni Hendro Siswanto dan Juan Pino, masih dibekap cedera cukup serius. Adam Alis masih tertahan di Jakarta karena pesawatnya delay. Sedangkan Cristian Gonzales mengalami insiden lalu lintas saat perjalanan menuju tempat latihan.

Sebenarnya bukan kali ini saja banyak pemain Arema absen. Setiap latihan perdana pasca pertandingan selalu banyak pemain yang tidak muncul latihan dengan beragam alasan.

Menjelang melawan Persegres Gresik United pekan lalu ada tujuh pemain absen. Begitu juga dengan persiapan laga melawan Persipura Jayapura yang hanya berjarak empat hari setelah itu.

Ada sinyal jika motivasi pemain Arema menurun seiring tidak adanya peluang untuk jadi juara Liga 1 sehingga sisa pertandingan hanya dijadikan sebagai formalitas saja.

"Mungkin sudah nasib saya dalam kondisi seperti ini. Tapi, sebuah pengalaman berharga karena saya harus bisa belajar untuk bisa mengatasi kesulitan program latihan," jelas Getuk.

Untuk menutupi kekurangan pemain, tim pelatih berinisiatif dengan meminjam enam pemain dari tim Arema U-19. Mereka diperbantukan agar Getuk bisa menerapkan program latihan strategi untuk melawan Semen Padang karena pertandingan ini masih bergengsi untuk menutup Liga 1 di kandang sendiri.

Laga melawan Semen Padang juga merupakan partai yang sulit buat Arema karena tim Kabau Sirah datang ke Malang dengan misi mendapatkan poin demi menghindari jurang degradasi.

Video Populer

Foto Populer