Sukses


Jateng - DIY Bersiap Jadi Tuan Rumah Putaran Nasional Liga 3

Bola.com, Yogyakarta - DI Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali mendapat kehormatan sebagai lokasi perhelatan sepak bola nasional. Setelah sebelumnya jadi tuan rumah babak nasional Piala Soeratin 2017, kini giliran Liga 3 mulai babak 32 Besar hingga final. Fase tersebut akan berlangsung awal Desember 2017.

''Secara nonformal kami memang mendapat amanah untuk menggelar babak nasional Liga 3,'' kata Direktur Kompetisi Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY, Ediyanto.

Selain sebagai tuan rumah, DIY mendapat durian runtuh dengan mendapat jatah dua tim yang lolos langsung ke babak nasional. Penambahan kuota tersebut didasarkan pada surat dari PSSI nomor 3270/UDN/1957/X-2017 perihal Liga 3 2017 yang ditandatangani Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. Dalam lembar lampirannya disebutkan bahwa DIY mendapatkan kuota akhir dua tim tanpa harus melalui jalur play-off.

Ediyanto menjelaskan, berdasarkan informasi, keputusan tersebut karena DIY dinilai dapat menyelenggarakan kompetisi dengan baik dan benar sesuai standart PSSI. Otoritas tertinggi sepak bola Indonesia itu disebut Ediyanto memiliki penilaian tersendiri untuk Asprov DIY.

''Mungkin sebagai contoh, sebelum kompetisi diadakan workshop dahulu, data base pemain dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu serta hasil pertandingan langsung dikirim online ke PSSI dengan tepat waktu. Program Asprov PSSI DIY dinilai berjalan baik walau dana sangat minim,'' ujar dia..

Atas dasar itu, lanjut Ediyanto, maka pihaknya akan segera memanggil dua tim dari DIY yang berhak maju ke putaran nasional. Selain Satria Adhikarta Kulonprogo yang merupakan juara Liga 3 regional DIY, satu jatah lain praktis menjadi milik Gama Jogja yang merupakan runner-up.

''Yang kami kirim merupakan finalis Liga 3 DIY musim ini. Ada Satria Adhikarta dan Gama Jogja. Besok (hari ini-red) kami undang ke sekretariat untuk menanyakan kesiapan mereka tampil di putaran nasional,'' tegasnya.

Video Populer

Foto Populer